Saturday, October 4, 2014

Airbag Bermasalah, GM Hentikan Pengiriman Chevrolet Colorado

Airbag Bermasalah, GM Hentikan Pengiriman Chevrolet ColoradoWashington - Pabrikan mobil asal Amerika Serikat, General Motors (GM), meminta dilernya di negeri itu untuk menghentikan sementara pikap Chevrolet Colorado dan GMC Canyon model 2015 kepada pembeli. Penghentian pengiriman dikarenakan sistem airbag pada dua model itu bermasalah.

Pernyataan GM seperti dilansir laman Autonews, Minggu (05/10/2014) menyebut, pengiriman kedua pikap itu baru berjalan dua pekan. "Penghentian ini menyusul pemberitahuan dari Badan Keselamatan Jalan Raya Nasional ( NHTSA Amerika), untuk memperbaiki sistem airbag yang diduga bermasalah pada dua kendaraan," demikian pernyataan pabrikan itu.

Peranti airbag yang bermasalah itu berada di bagian depan pengemudi. Setelah dilakukan pemeriksaan secara cermat, ternyata sistem koneksi dari perangkat tersebut bermasalah. "Ada kesalahan pemasangan kabel, saat proses manufaktur," sebut GM.

Kesalahan itu menyebabkan airbag tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Walhasil, jika tidak kecelakaan akan menyebabkan risiko fatal.

Berkaitan dengan hal itu, pabrikan ini meminta para dilernya untuk memprogram ulang modul sensor airbag dengan software baru serta memasang ulang kaberl secara cermat. Prose situ diperkirakan akan memakan waktu satu jam.

Peranti penggangti akan tersedia dalam beberapa hari mendatang. Setelah perbaikan rampunng, mobil tersebut bisa dikirim ke pembeli.

Sementara itu, laporan NHTSA menyebut tidak ada korban luka atau meninggal berkaitan dengan kasus tersebut. Meski begitu masalah kesalahan pemasangan ini menjadi perhatian serius.




0 comments:

Post a Comment