Saturday, October 4, 2014

Tips Berkendara Sepeda dengan Aman di Jalan Raya

Tips Berkendara Sepeda dengan Aman di Jalan RayaJakarta - Jalan raya tak hanya milik pengguna mobil maupun sepeda motor. Pejalan kaki maupun pengendara sepeda juga memiliki hak yang sama untuk menggunakan jalan raya.

Namun, yang banyak terjadi justru kendaraan bermotor seolah-olah penguasa jalanan dan bersikap tak mau mengalah dengan pengendara sepeda maupun pejalan kaki. Akibatnya, kecelakaan antara kendaraan bermotor dengan pengendara sepeda pun tak dapat dihindari.

Walaupun di beberapa wilayah di Jakarta telah diberikan jalur khusus untuk sepeda, tetap saja hak pengendara sepeda dirampas oleh motor maupun mobil.

Berkendara sepeda pun menjadi tidak aman di jalan raya. Karena itu, agar sama-sama dapat menikmati jalan raya dengan aman dan nyaman, baik pengguna mobil dan pengendara sepeda harus saling bertoleransi di jalan raya dengan menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi di bawah ini.

Kesalahan Yang Sering Dibuat Pengemudi Mobil

1. Berbelok di depan pengendara sepeda. Jika Anda ingin berbelok dan kebetulan ada sepeda di samping mobil Anda, jangan memaksakan diri untuk menyalip dan berbelok di depannya, tapi perlambat laju kendaraan Anda, dan baru berbelok setelah sepeda tersebut lewat.

2. Pengemudi mobil tidak melihat keadaan sekitar. Kecelakaan yang melibatkan mobil dan sepeda biasanya terjadi karena pengguna mobil tidak melihat keadaan sekitar ketika akan berbelok atau keluar dari parkiran, terutama jika keluarnya secara mundur. Karena itu, sebelum melajukan mobil Anda, lihat dulu keadaan sekeliling mobil Anda, terutama untuk pengguna sepeda dan pejalan kaki.


0 comments:

Post a Comment