Wednesday, November 19, 2014

Bus Ini Bahan Bakarnya Makanan Sisa dan, Tinja!

Bus Ini Bahan Bakarnya Makanan Sisa dan, Tinja!Bath - Saat Indonesia masih berkutat dengan soal kenaikan BBM, orang Inggris sudah move on dari ketergantungan BBM, mereka kini sudah memiliki armada bus yang bahan bakarnya dari tinja dan makanan sisa!

Bus berbahan bakar tinja dan sampah makanan ini disebut produsennya merupakan yang pertama di Inggris. Adalah perusahaan Geneco yang memproduksnya. Buat mereka ini bukan lah kendaraan pertama yang menggunakan bahan bakar tinja.

Sebelumnya mereka juga mengubah VW Beetle menjadi kendaraan yang menggunakan bahan bakar tinja.

Tinja dan sisa makanan itu diproses oleh mikroorganisme sehingga menghasilkan biogas atau biometana. Biometana ini lah yang dipakai untuk bahan bakar bus. Biogas itu disimpan di tangki khusus di bagian atas bus.

Bio-Bus bisa mengangkut sekitar 40 penumpang dalam sekali narik. Jika tangkinya terisi penuh dengan biogas, maka cukup untuk menjelajah sejauh 200 mil atau 321,7 km per liter.

"Kendaraan berbahan bakar gas memegang peranan penting dalam memperbaiki kualitas udara di kota-kota Inggris, bahan bakar Bio-Bus diambil dari masyarakat yang tinggal di daerah setempat, dan mungkin dari orang yang duduk di bus," ujar GM Geneco Mohammed Saddiq dalam sebuah pernyataannya.

Bagaimana cara mereka mengolah tinja dan sisa makanan menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan? Yuk simak video ini: