Tuesday, December 23, 2014

LCGC, Roh Mobil Nasional

LCGC, Roh Mobil NasionalJakarta - Di tahun 2014, mobil-mobil Low Cost Green Car (LCGC) menjadi salah satu segmen utama yang mendorong pertumbuhan penjualan mobil. Sebab, segmen mobil hijau dengan harga terjangkau itu mampu menyumbangkan market share sebesar 14 persen di tahun 2014 ini.

Dengan pencapaian itu, 4W Sales, Marketing & DND Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Davy J Tuilan memprediksi, segmen LCGC itu akan meningkat 2 persen ke arah 16 persen di tahun 2015.

"LCGC naik 2 persen dari 14 ke 16 di 2015. Saya yakin 2 persennya itu yang ngambil dari segmen LMPV (Low Multi Purpose Vehicle)," kata Davy.

Soalnya, kata Davy, kedua segmen itu semakin mendekat. Dari segi harga dan fungsionalnya, keunggulan LCGC dan LMPV hampir sama. "Pertama, antara LMPV dan LCGC paling dekat segemntasi harganya. Yang kedua adalah kapasitas penumpang. Sekarang kan sudah mulai ada LCGC yang tujuh penumpang," ujar Davy.

"Sebenarnya itu adalah roh dari LMPV sekarang dua roh ini ada dua opsi (LMPV dan LCGC). Saya bilang 2 persen pindah dari LMPV," tambahnya.

Tapi, menurut Davy, tidak menutup kemungkinan segmen SUV juga beralih ke LCGC. Tapi, Davy memastikan, bukan berarti konsumen SUV yang beralih ke LCGC.

"Karena kan kedua segmen itu berbeda. Mungkin konsumen yang sudah punya SUV pengen beli LCGC untuk menambah mobilnya," katanya.

"Saya rasa memang ujung-ujungnya faktor yang fundamental kayak kemacetan, kenaikan harga bahan bakar, faktor ekonomi yang membuat orang ke LCGC," lanjut Davy.




(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment