Friday, January 23, 2015

Mengenal Cara Kerja Matik CVT di Mitsubishi Mirage

Mengenal Cara Kerja Matik CVT di Mitsubishi MirageBandung - Mitsubishi Mirage tersedia 2 pilihan transmisi. Pertama manual yang hanya ada di tipe GLX, dan kedua transmisi otomatis atau matik CVT (Continuously Variable Transmission) yang tersedia di semua tipe kecuali GLX. Lalu bagaimana cara kerja matik CVT di Mirage ini?

SUV and MPV Support Section Service Departement PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Firdian Nurhidayat menjelaskan, pada tuas transmisi di Mirage matik ini ketika mobil berjalan berada di posisi D (Drive) dan ada posisi B (Brake).

Menurutnya, cara kerja dari posisi D ke B itu untuk engine break atau bisa digunakan pada saat jalanan yang menanjak atau menurun. Kenapa? Karena istirahnya turun 1 level dari posisi D.

"Ketika diposisi D pindahkan langsung saja ke B, itu otomatis levelnya akan turun 1. Selama di posisi B akan seperti itu. Setelah jalanan normal lagi baru bisa langsung dipindahkan ke D lagi," beber Firdian di Rest Area Km 97 Tol Cipularang, Jawa Barat, Jumat (23/1/2015).

Ia juga menjelaskan mekanisme engine break dari posisi D ke B itu seperti apa. Menurutnya, ketika dipindahkan dari D ke B, ECU (Electronic Control Unit/otaknya mobil) akan memberikan perintah, sehingga terjadi seperti engine brake.

"Kalau di CVT itu namanya ada liquid di dalamnya, mekanismenya itu ada valve (katup) yang bekerja. Misalnya ada perintah dari ECU, katup akan menutup sehingga RPM-nya tidak bisa menyentuh limit sekian sehingga adanya tekanan seperti engine brake," bebernya.





(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment