Friday, January 23, 2015

Toyota Diramalkan Kehilangan Mahkota Tahun Ini

Toyota Diramalkan Kehilangan Mahkota Tahun IniShanghai - Toyota Motor Corporation yang tahun lalu masih menjadi raja penjualan mobil sejagat, tahun ini bisa kehilangan mahkota juara penjualan.

Itu terjadi jika pabrikan asal Jepang tersebut tak menerapkan strategi jitu dan Tiongkok, pasar mobil terbesar di dunia.

Seperti dilansir Automotivenews Europe, Jumat (23/1/2015), penjualan Toyota sepanjang 2015 ini diperkirakan hanya 10,15 juta unit atau merosot 1 persen dibanding tahun lalu. Jika dibanding dengan penjualan Volkswagen (VW) yang tahun lalu berada di urutan kedua, penjualan Toyota lebih banyak 10.000 unit saja.

Sementara di Tiongkok, Toyota berada di urutan keenam dalam hal penjualan. Berbeda dengan pesaing kuatnya, VW yang terus menggelontorkan produk anyar di Negeri Tirai Bambu, posisi penjualan Toyota masih melemah.

"Sehingga, hampir mustahil untuk berada di nomor satu penjualan di dunia, jika tak memimpin (penjualan) di Tiongkok," papar Managing Director Gao Feng Advisory Co, lembaga konsultan pemasaran yang berbasis di Shanghai, Bill Russo.

VW baru saja membangun pabrik baru di Changsha, Tiongkok. Kehadiran pabrik baru itu akan menambah kapasitas produksi VW di negeri ini sebanyak 300.000 unit.

Langkah serupa juga ditempuh General Motors, yang tahun lalu berada di urutan ketiga terbnesar di dunia dalam hal penjualan. Pabrikan asal Amerika Serikat itu juga terus memborbardir pasar Tiongkok dengan model anyar besutannya.

Penjualan Toyota--termasuk Hino Motors dan Daihatsu Motor Company--sepanjang 2014 lalu naik 3 persen dibanding tahun sebelumnya. Total mobil dan truk yang dilego pabrikan ini mencapai 10,23 juta unit.

Sementara, pada saat yang sama, penjualan VW mencapai 10,14 juta atau meningkat 4 persen dari tahun sebelumnya. Sedangkan General Motors membukukan penjualan 9,92 juta unit atau naik 2 persen.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment