Monday, February 16, 2015

Berapa Harga yang Pas untuk Mobil BBG?

Berapa Harga yang Pas untuk Mobil BBG?Serpong - Sebuah mobil berbahan bakar gas tak terkecuali Compressed Natural Gas (CNG) dinilai akan mampu bersaing di pasar otomotif Indonesia jika memenuhi tiga daya saing yakni ramah lingkungan, ketangguhan, serta harga yang terjangkau.

Rentang harga yang diperkirakan layak untuk mobil itu adalah Rp 150 â€Â" 300 juta.

Penilaian tersebut diungkapkan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Mohamad Nasir saat memberi sambutan dalam penyerahan donasi sebuah sedan Honda City berbahan bakar CNG kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (16/2/2015).

"Kisaran harga jual mobil di Indonesia rata-rata sekitar Rp 150 juta sampai Rp 300 juta. Kalau mobil CNG harganya di kisaran itu maka dia akan bisa bersaing baik dengan mobil lain (konvensional),” paparnmya.

Namun sebaliknya, jika harga mobil berbahan bakar CNG berbanderol lebih dari itu, maka masyarakat umum akan enggan meliriknya. Walhasil, hanya segmen tertentu saja yang berminat.

"Jadi, kalau mobil-mobil CNG itu ramah lingkungan, tangguh dan harganya terjangkau, saya pikir masyarakat akan bergerak ke arah sana," ujarnya.

Sementara itu, Honda City yang didonasikan PT Honda Prospect Motor kepada BPPT mengusung mesin 1.5 L i-VTEC SOHC empat silinder yang mempunyai dua buah sumber tenaga yakni mesin bertenaga bensin dan CNG. Sedan ini mulai dipasarkan di Thailand pada 2012 lalu.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment