Monday, February 16, 2015

Yamaha 'Siksa' Mio M3 Sebulan Penuh

Yamaha Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menguji ketangguhan mesin Mio M3 sebulan penuh. Tidak terasa pengujian yang dilakukan pertama kali 17 Januari 2015 akan berakhir tepat 15.00 WIB sore nanti.

"Dalam pembuktiannya selama 30 hari di Univesitas Pancasila, motor ini telah menempuh jarak kurang lebih 36.000 km dan menghabiskan sebanyak 445 liter bahan bakar," ujar Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Mohammad Maskyur.

Selama 30 hari itu, motor tidak pernah dimatikan. "Itu artinya konsumsi bahan bakar Mio M3 ini setara dengan 81 km/liter," papar Maskyur.

Tujuan Yamaha Indonesia membuktikan ketangguhan mesinnya di ruang publik di Universitas Pancasila, ialah agar masyarakat dapat melihat secara langsung dan terbuka serta sebagai saksi bukti ketangguhan mesin motor Yamaha.

Aktivitas “penyiksaan” motor Mio M3 ini dimulai dari tanggal 17 Januari hingga 16 februari 2015, secara terus menerus tanpa sama sekali mesin motor dimatikan dan seluruh aktivitas direkam oleh CCTV.

Motor ini dinyalakan dengan RPM rata-rata 4.500 atau setara dengan 50 km/jam, dengan beban tali 60 kg. Pengujian utama adalah pembuktian ketangguhan DiAsil Cylinder dan Forged Piston yang dijamin garansinya hingga 5 tahun

Cara kerja dari pembuktian ini yaitu Mio M3 dipasang di dynotest set, lalu diikat dengan tali bertekanan setara dengan bobot 60 kg pengendara. Selain itu diberikan kipas blower sebagai analogi angin berlawanan pada saat berkendara.

Dan rpm di stel di angka 4500 setara dengan kecepatan 50 km/jam yang di ukur melalui putaran roda dynotest tersebut.

Aktivitas uji ketahanan 30 hari ini rencananya akan di anugerahi Rekor MURI, karena dilaksanakan di 10 kampus di 10 kota yang berbeda, untuk predikat 'Sepeda motor matik dengan ketahanan operasional mesin secara nonstop terlama'.

Terakhir, setelah mesin Mio M3 dimatikan tepat pukul 15.00 WIB, Yamaha akan membuktikan langsung dengan membongkar mesin yang telah diuji selama 30 hari. Penasaran bagaimana jeroan Yamaha Mio M3 ini setelah digas 30 hari nonstop, tetap pantau detikOto ya Otolovers.

0 comments:

Post a Comment