Friday, March 20, 2015

Pabrik Unik Milik Fiat, Ada Test Track di Atap Gedung, Kini Jadi Mal

Pabrik Unik Milik Fiat, Ada Test Track di Atap Gedung, Kini Jadi MalTurin - Jauh sebelum robot-robot menguasai pabrik mobil, produsen mobil Fiat memiliki pabrik dengan struktur gedung yang unik. Di bagian atapnya ada test track yang digunakan untuk menguji mobil-mobil yang sudah diproduksi di sana.

Sambil mengendarai mobil sewaan, detikOto dan beberapa wartawan media nasional lainnya diajak PT Garansindo Inter Global untuk berkunjung ke pabrik tua Fiat yang terletak di sebuah distrik Lingotto, di Turin. Karena daerah ini lah maka pabrik tua itu disebut pabrik Lingotto.

“Pabrik berhenti beroperasi tahun 1970-an, Fiat tidak menggunakan pabrik ini lagi karena mereka sudah menggunakan robot saat itu,” tutur Sonia, seorang guide lokal dari kota Turin pada detikOto.

Tadinya detikOto berharap, di pabrik, bisa melihat alat-alat produksi mobil yang digunakan di tahun 1920-an sampai 1970-an. Boro-boro alat produksi, yang terlihat ternyata seisi pabrik sudah berubah fungsi menjadi mal.

Ya memang, jadi mal, dan merek-mereknya pun cukup branded. Ada juga gedung untuk menonton film, melihat pertunjukan seni sampai tempat kuliah. Ada taman di bagian tengah yang berisi pohon-pohon. Lengkap ya bro…

Karena sudah berubah menjadi mal, bahkan anak-anak ABG Turin terlihat asyik bercengkerama di dalam mal. Sebagian lagi ada yang duduk-duduk saja.


0 comments:

Post a Comment