Sunday, April 12, 2015

Beda Ban Radial dan Bias di Mata Michelin

Beda Ban Radial dan Bias di Mata MichelinJakarta - Michelin memperkenalkan salah satu ban terbaik mereka Pilot Road 4 di Indonesia. Menurut Michelin Pilot Road 4 merupakan ban radial terbaik yang pernah diperkenalkan. Tapi jika membandingkan dengan ban bias, apa bedanya?

"Perbedaan utama antara ban radial dan bias terletak pada kontruksinya," ujar Country of Sales & Marketing 2Wheels Division PT Michelin Indonesia, Bayu Surya Pamugar Sugeng, saat peluncuran Pilot Road 4 di Kemang, Jakarta.

Bayu melanjutkan, pada ban radial kontruksinya menggunakan lapisan serat baja. "Sementara ban bias memakai serat nilon. Perbedaan kontruksi tersebut memiliki dampak yang sangat signifikan pada ban," katanya.

"Pertama, saat beradu dengan jalan, dinding ban radial yang fleksibel mampu mencengkeram dengan erat. Tapak ban yang lebar membuat daya cengkram semakin kuat pada sudut yang lebih kecil, terutama ketika berbelok," tambah Bayu.

Tidak berhenti sampai disitu, Bayu juga menjelaskan area kontak permukaan ban radial memiliki gesekan yang lebih rata dibandingkan ban bias.

"Kedua, tekanan pada area kontak permukaan ban radial dengan jalan terdistribusi dengan baik, hal ini akan menghasilkan gesekan yang merata pada permukaan ban. Sehingga usia pakai bias lebih lama," katanya.

"Ketiga, ban radial memberikan tingkat keamanan pada kecepatan tinggi, karena sisi ban dapat meredam tekstur permukaan jalan. Keempat, lapisan kawat yang terjalin secara bersambung diseputar puncak terluar ban membuat ban radial saat dipacu dengan tetap stabil dan tahan lama," lanjut Bayu.

Terakhir Bayu pun mengingatkan, ban akan berfungsi dengan baik dan bisa menjadi penyelamat di jalanan. Juga ditentukan dengan ukuran ban dan pelek yang seimbang (pas), dan tentu tekanan angin yang juga harus diperhatikan.




(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment