Sunday, June 21, 2015

Scania Jadi Bus Gandeng TransJ

Scania Jadi Bus Gandeng TransJJakarta - PT Transportasi Jakarta (PT TransJ) hari ini meluncurkan 20 unit bus articulated Scania bertepatan dengan HUT ke-488 DKI Jakarta. Bus-bus pabrikan Swedia itu akan dioperasikan di koridor yang bisa dilalui bus gandeng.

"Kami akan operasikan bus-bus Scania baru ini di beberapa koridor yang dapat dilalui bus gandeng," ujar Dirut TransJakarta Steve Kosasih berdasarkan keterangan tertulis, Jakarta Pusat, Senin (22/6/2015).

Bus Scania dibeli melalui e-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Bus gandeng tersebut memiliki sejumlah keunggulan seperti daya tahan dan standard keamanan serta kenyamanan yang tinggi serta hemat bahan bakar juga ramah lingkungan.

Bus juga dilengkapi dengan independent air suspension di setiap axle pada masing-masing ban yang dikendalikan secara elektronik. Kendali elektronik ini mengendalikan ketinggian bus dengan suspensi udara berdasarkan beban dan kondisi jalan, sehingga bus bisa beroperasi nyaman setiap saat.

"Mesin Scania sudah memenuhi standar emisi Euro6 yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Dengan mesin hemat BBG yang bisa mencapai hingga 1,5 Km untuk setiap 1 liter setara premium (lsp) diharapkan bus-bus baru ini cukup mengisi BBG satu kali setiap harinya," lanjutnya.

Bus Scania memiliki kapasitas penumpang hingga 140 orang dengan 39 kursi terdiri dari 6 kursi prioritas dan 2 ruang untuk pengguna kursi roda. Di bagian dalam juga terdapat 4 CCTV dan di bagian luar ada 2 CCTV yang terletak di depan serta belakang bus.

Bus ini diperkirakan mulai beroperasi pada pertengahan Juli mendatang.


0 comments:

Post a Comment