Saturday, August 15, 2015

Siap Bersaing dengan Google, Apple Segera Uji Mobil Tanpa Sopir

Siap Bersaing dengan Google, Apple Segera Uji Mobil Tanpa SopirCalifornia - Perusahaan raksasa di bidang elektronik dan perangkat lunak komputer, Apple Inc, dikabarkan tengah bersiap melakukan uji jalan mobil otonom alias mobil tanpa sopir pengguna teknologinya. Bahkan, pabrikan yang bermarkas di Silicon Valley, Cupertino, California, Amerika Serikat itu kini tengah mencari lokasi pengujian.

Seperti dilaporkan Car Advice, Minggu (16/8/2015), The Guardian, telah memperoleh bocoran informasi tersebut sekaligus memperoleh satu set korespondensi antara insinyur Apple, Frank Fearon, dengan manajer sebuah lokasi tempat pengujian kendaraan, GoMentum Station via email. Dalam surat elektronik tersebut, Fearon meminta sang manajer untuk memastikan jadwal dan ketersediaan ruang untuk pengujian tersebut.

“Dan bagaimana kita perlu mengkoordinasikan seluruh pihak lain yang juga akan menggunakan (fasilitas pengujian) itu,” tulis Fearon dalam suratnya itu.

GoMentum Station terletak di sebuah lahan seluas 850 hektar di luar San Fransisco. Lokasi ini merupakan bekas pangkalan Angkatan Laut Amerikat Serikat, dan memiliki jalanan beraspal sepanjang 32 kilometer.

Fasilitas itu juga memiliki jalanan bekas diaspal, bangunan, serta berbagai belokan, putaran, dan tikungan maupun infrastruktur lain layaknya sebuah kota. Lokasi seperti itu dinilai sangat cocok untuk menjadi lokasi pengujian mobil tanpa sopir karena memiliki karakter dengan perkotaan asli.

Kini, fasilitas itu berada dibawah otoritas pemerintah daerah Contra Costa. Lokasi itu selama ini juga disewakan kepada perusahaan yang ingin menguji teknologi mobil canggih, termasuk kendaraan-kendaraan otonom.

Keamanannya sangat terjamin karena dijaga oleh patroli militer. Sehingga, fasilitas yang berjarak 100 kilometer dari Silicon Valley, itu telah digunakan oleh sejimlah pabrikan, antara lain Honda.

Perusahaan lain, seperti Audi dan Google, sudah mulai menguji kendaraan diri mengemudi di jalan umum. Bahkan telah beberapa kali. Sedangkan Apple masih merahasikan proses pengujian mobilnya itu dari dunia nyata.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment