Saturday, August 15, 2015

Khawatir Airbag Bermasalah, VW Tarik Ratusan Ribu Mobil di Amerika

Khawatir Airbag Bermasalah, VW Tarik Ratusan Ribu Mobil di AmerikaWashington - Volkswagen (VW) melakukan penarikan 461.300 mobil di Amerika Serikat dan Kanada, untuk memperbaiki airbag yang berpotensi mengembang secara berlebihan dan meledak. Diantara mobil yang ditarik itu terdiri dari VW Golf,Passat, Jetta, serta Tiguan yang dirakit pada 2010 dan 2014.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (16/8/2015), pernyataan resmi perusahaan menyebut, tidak ada laporan yang menyebut telah terjadi kecelakaan atau korban baik luka maupun meninggal akibat masalah tersebut. Jumlah mobil yang ditarik di Amerika Serikat sebanyak 420.000 unit, sedangkan di Kanada sebanyak 41.300 unit.

Sejumlah kalangan menilai kampanye perbaikan peranti airbag yang rusak itu merupakan bagian dari kampanye VW untuk mendongkrak kembali penjualannya.Maklum, sepanjang 2014 lalu, penjualan mobil asal Jerman itu di Negeri Paman Sam melorot hingga 10 persen atau hanya 367.000 unit.

Pabrikan yang bermarkas di Wolfsburg, Jerman, ini sebelumnya mematok target penjualan di Amerika Serikat pada 2018 nanti sudah harus mencapai 800.000 unit. Namun, kini penjualan di negara itu baru mencapai kurang dari setengah yang ditargetkan.

Sementara itu, seorang Jurubicara VW mengatakan, kampanye penarikan tersebut juga bermaksud untuk mengetahui apakah permasalahan serupa juga terjadi di mobil sejenis yang dikirim ke negara-negara lain. Dia mengakui, airbag berpotensi mengembang berlebihan dan meledak di saat musim semi.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment