Saturday, October 24, 2015

Permintaan Lemot, Honda Tunda Pembangunan Pabrik Baru di China

Permintaan Lemot, Honda Tunda Pembangunan Pabrik Baru di ChinaWuhan - Produsen Jepang, Honda Motor Company menyatakan akan menunda pembangunan pabrik baru senilai US$ 822 juta atau sekitar Rp 11,3 triliun di Wuhan, China. Penundaan itu menyusul semakin melambatnya permintaan mobil di negeri berpenduduk terbanyak di dunia itu.

Seperti diwartakan Reuters, Sabtu (24/10/2015) laporan Bloomberg menyebut Honda yang bekerja sama dengan Dongfeng Motor Group Co awal tahun ini telah menetapkan rencana untuk membangun pabrik ketiga di China. Namun, rencana itu bakal ditunda hingga dua tahun mendatang atau pada 2017.

Adapun untuk proses produksi diperkirakan dimulai pada Juli 2018. Laporan lain menyebut, sepanjang Januari hingga September lalu meningkat 0,3 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Hanya peningkatan tersebut tak semoncer seperti yang diharapkan

Kabarnya, keputusan tentang rencana pembangunan pabrik atau penundaan akan ditetapkan pada akhir tahun ini. Hanya, kabar tersebut terbantah pernyataan Jurubicara Honda di China.

Menurutnya, perusahaan hingga kini belum membuat keputusan apapun terkait rencana pembangunan pabrik baru itu. Bahkan dia menyebut pembangunan pabrik tersebut bukanlah prioritas utama mengingat dua pabrik yang ada masih menyisakan kapasitas terpasang yang cukup untuk memproduksi mobil sesuai permintaan.

Dua pabrik yang masing-masing berada di provinsi Hubei dan Guangdong memiliki kapasitas produksi hingga 1,13 juta unit dalam setahun. Sedangkan sebelumnya, Honda berharap dengan hadirnya pabrik baru itu maka target penjualan hingga 950 ribu unit per tahun bisa tercapai.

Keterangan Foto: Orang yang tengah melangkah di pabrik Honda terlihat di logo Honda (Reuters/Thomas Peter)



(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment