Friday, October 2, 2015

Soal Skandal Emisi, Ini Tanggapan VW Indonesia

Soal Skandal Emisi, Ini Tanggapan VW IndonesiaJakarta - Di Amerika Serikat, Volkswagen (VW) terlibat skandal emisi gas buang dari mobil bermesin diesel. Dikatakan, setidaknya 11 juta kendaraan VW di seluruh dunia menggunakan perangkat lunak yang bisa mengubah hasil data uji emisi. VW Indonesia pun angkat bicara.

Dalam siaran pers yang diterima detikOto, Sabtu (3/10/2015), PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku agen pemegang merek Volkswagen di Indonesia melakukan serangkaian pengecekan data. GMM menegaskan, mesin diesel Tipe EA 189 yang terlibat masalah ini tidak termasuk dalam line up mobil yang dipasarkan di Indonesia.

"Catatan penting lainnya adalah hampir semua line up unit yang dipasarkan PT Garuda Mataram motor adalah kendaraan berbahan bakar bensin," tulis VW Indonesia dalam siaran persnya.

Namun, PT GMM tetap menjual mobil berbahan bakar diesel yaitu Volkswagen Caravelle dan Volkswagen Touareg. Meski begitu, kedua mobil itu menggunakan tipe mesin yang berbeda dengan Tipe EA 189.

"Meskipun demikian, kami terus bekerja secara intensif dengan VW-AG, guna mendapatkan informasi lebih lanjut," kata VW Indonesia.

"Mohon maaf untuk ketidaknyamanan dan terima kasih untuk perhatian yang begitu besar. Konsumen adalah prioritas utama, mereka adalah keluarga besar kami, Volkswagen Indonesia," ujar VW Indonesia.

Seperti beberapa pemberitaan detikOto sebelumnya, VW terbukti menggunakan perangkat lunak untuk mengelabui pengujian emisi gas buang. Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat menemukan, emisi kendaraan VW 40 kali lebih buruk dibandingkan yang disyaratkan di Negeri Paman Sam itu.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment