Saturday, November 21, 2015

Bersama Tentara, GM Uji Teknologi Mobil Berbahan Bakar Hidrogen

Bersama Tentara, GM Uji Teknologi Mobil Berbahan Bakar HidrogenMichigan - General Motors bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Otomotif Tentara Amerika Serikat atau US Army Tank Automotive Research, Development & Engineering Center (TARDEC), tengah mengembangkan mobil berbahan bakar hidrogen. Pada tahap awal, pikap Chevrolet Coloroda digunakan sebagai model pengembangandan pengujian teknologi tersebut.

Seperti dilaporkan Auto Guide, Minggu (22/11/2015), pikap andalan Chevrolet yang dipasarkan ke seluruh dunia â€Â" termasuk Indonesia â€Â" itu, sistem propulsinya dimodifikasi sedemikian rupa dengan menggunakan sistem propoulsi bahan bakar sel hidrogen. Penggunaan teknologi tersebut akan diuji coba sekaligus dikembangkan sebagai kendaraan Angkatan Darat Amerika Serikat.

Proses pengujian ini akan dilakukan secara terus menerus hingga 12 bulan ke depan. Pengujin ini untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan teknologi tersebut, termasuk kemampuan mobil berbahan bakar hidrogen di medan ekstrim, off-road.

Namun, pengembangan ini nantinya tak semata-mata untuk kepentingan militer tetapi juga untuk masayarakat umum. Di luar kerjasama dengan tentara, sebelumnya GM telah melakukan evaluasi dan pengujian teknologi mobil berbahan bakar hidrogen yang dikembangkannya.

Bahkan, pabrikan itu telah merilis bagian depan dari mobil berbahan bakar hidrogen tersebut. Hanya memang, hingga kini belum ada konfirmasi apapun tentang jari diri dan spesifisikasi mobil berbahan bakar hidrogen yang dikembangkan secara khusus oleh GM tersebut.

"Teknologi sel bahan bakar hidrogen merupakan sangat penting dalam protofolio propulsi canggih kami . Dan ini memungkinkan kami untuk ikut serta dalam tes kendaraan yang cocok bagi tugas militer,” papar Charlie Freese, executive director of GM Global khusus hidrogen.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment