Tuesday, December 22, 2015

Airbag untuk Motor Lebih Populer di Masa Depan?

Airbag untuk Motor Lebih Populer di Masa Depan?Tokyo - Sistem airbag atau kantung udara memang sudah marak digunakan di kendaraan roda empat. Namun, airbag untuk sepeda motor belum terlalu populer.

Saat ini ada beberapa sistem airbag yang disematkan di perangkat sepeda motor maupun pendukungnya. Airbag bisa ditemukan di jaket, wearpack atau motor seperti pada motor Honda Gold Wing.

Seperti dilansir Motorcyclist, Selasa (22/12/2015), sistem airbag sudah digunakan sejak 1970. Namun masih membutuhkan waktu yang lama untuk menerapkan airbag pada sepeda motor.

Alasan utamanya adalah karena kesulitan memprediksi bagaimana posisi pengendara sepeda motor dalam peristiwa kecelakaan. Honda Gold Wing sudah menerapkan airbag karena lebih mudah untuk memprediksi posisi pengendara.

Tapi, Honda ingin melangkah lebih jauh. Sebuah desain paten yang diajukan menggambarkan motor Honda NC750S bakal menerapkan sistem airbag.

Perbedaan utama airbag motor ini dengan Gold Wing adalah bentuk dan ukurannya dengan desain yang lebih memanjang ke atas dan bentuk airbag seperti balon. Bentuk dan letak airbag ini diadopsi dari fakta bahwa ketika pemotor mengalami tabrakan frontal, maka pemotor itu akan terlempar ke atas dan lurus ke depan. Dengan adanya airbag ini, sebisa mungkin pemotor tida terlempar ketika terjadi tabrakan frontal.

Bagian bawah airbag akan melindungi dada dan perut pengendara untuk memperlambat pergerakan pengendara ke depan sebelum kepalanya di tahan oleh airbag bagian atas. Dalam kondisi bertabrakan dengan mobil, di mana pemotor cenderung terlempar ke bodi mobil atau atasnya, bagian atas airbag kemungkinan menahan semua tubuh pemotor.

Sementara itu, sistem airbag ini dipicu oleh sensor di bagian bawah garpu ditujukan untuk dampak tabrakan frontal, sama seperti pada Honda Gold Wing. Kecelakaan lain yang tidak berdampak langsung dari depan tidak akan memicu airbag untuk mengembang.

Akankah Honda serius untuk memperluas penggunaan airbag untuk sepeda motor?


(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment