Tuesday, December 22, 2015

Resmi Ambil Alih Tim Lotus, Renault Kembali ke Laga F1

Resmi Ambil Alih Tim Lotus, Renault Kembali ke Laga F1Paris - Pabrikan asal Prancis, Renault resmi mengambil alih tim Formula Satu (F1) Lotus. Pengambilalihan itu sekaligus melempangkan jalan Renault kembali berlaga di ajang F1, dan dimulai pada musim balap 2016.

Seperti dilaporkan Crashnet, Selasa (22/12/2015), setelah berbulan-bulan melakukan negosiasi yang alot, awal bulan ini Renault berhasil bersepakat dengan Tim Lotus untuk membeli tim tersebut. Namun transaksi pembelian ini masih menyisakan satu masalah yakni belum terbayarnya pajak oleh HMRC (Tim Lotus).

Namun yang pasti, dengan dicabutnya status pailit yang sebelumnya diberikan ke tim itu telah menjadikan proses pengambilalihan oleh Renault berjalan lancar.

Setelah pengambialihan tersebut, peran Renault tak sebatas memasok mesin saja ke tim seperti yang dilakukan selama beberapa tahun terakhir. Kini, Renault tampil sebagai konstruktir lengkap â€Â" baik sebagai pemasok mesin, mobil, serta pebalap - bagi timnya yang mulai berlaga di F1 musim balap 2016.

Keputusan Renault untuk kembali ke F1 setelah hubungan dengan mitra utamanya, Red Bull Racing pada 2015 ini. Padahal, kolaborasi dua perusahaan ini telah dua kali memenangi empat gelar dunia.

Meski begitu, Renault akan terus memasok mesin untuk tim Red Bull, meskipun tim yang berbasis di Inggris itu akan menggunakan lencana baru â€Â" sponsor- TAG Heuer. Namun, yang patut diakui adalah dana sponsorship yang besar dari perusahaan minyak Venezuela PDVSA yang menjadikan Renault mengambil keputusan kembali ke ajang F1.

Sedangkan dua pebalap yang sebelumnya meneken kontrak dengan Lotus, Pastor Maldonado dan Jolyon Palmer, akan dipertahankan Renault.


(arf/rgr)

0 comments:

Post a Comment