Thursday, December 17, 2015

'Mobil Otonom Tetap Harus Ada Pengendaranya'

California - Mobil otonom atau mobil tanpa sopir jadi mobil yang ditunggu-tunggu di masa depan. Di California, Amerika Serikat, peraturan perundang-undangan mengenai mobil otonom tengah disusun.

Salah satu persyaratan untuk mobil otonom adalah, mobil tetap harus bisa dikendarai oleh pengendara yang lihai.

Saat ini produsen mobil berlomba-lomba mengembangkan mobil tanpa sopir seperti Ford, Tesla, Mercedes-Benz, Toyota, dan produsen mobil lainnya. Teknologi mobil otonom memudahkan pengendara untuk berkemudi tanpa harus mengendalikan stir kemudi.

Namun kemudahan teknologi yang ditawarkan pada mobil otonom tetap memiliki risiko misalnya saja tiba-tiba fungsi dari mobil otonom itu tidak dapat bekerja dengan baik.

Oleh karena itu kemampuan mengemudi tetap dibutuhkan untuk mengantisipasi situasi darurat yang bisa saja terjadi pada mobil otonom.

Melihat hal itu, pemerintah California, Amerika Serikat melalui Departemen Kendaraan Bermotor (DMV) mengajukan undang-undang soal pengemudi mobil otonom. Salah satu isi undang-undang tersebut antara lain pengemudi mobil otonom telah memiliki Surat Izin Mengemudi.

Selain itu, produsen mobil juga harus menyediakan pelatihan bagi para pemilik mobil otonom untuk mengendarai mobil tersebut dengan baik.

"Teknologi baru (mobil otonom) memiliki potensi risiko. DMV percaya pabrikan mobil harus lebih sering melakukan pengujian mobil otonom di jalanan umum sebelum teknologi ini tersedia untuk kalangan umum," tulis DMV seperti dilansir BBC.

Para produsen mobil juga diminta oleh Departemen Kendaraan Bermotor California untuk memastikan mobil otonom produksi mereka bebas dari serangan siber.
(nkn/ddn)

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker ..
tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment