Thursday, January 21, 2016

Mendeteksi Gejala Ring Seher Lemah

Mendeteksi Gejala Ring Seher LemahJakarta - Performa mesin yang menurun atau mesin tidak bertenaga dapat disebabkan beberapa hal, salah satunya tekanan kompresi mesin yang sudah lemah.

Untuk mengidentifikasikan kompresi mesin yang sudah lemah dapat dilihat dari gejala yang ditimbulkan, seperti keluarnya asap putih di knalpot, usia pakai busi lebih pendek dan berkurangnya volume oli mesin.

Menurut mekanik salah satu bengkel di Jakarta, asap putih yang keluar dari knalpot karena komponen ring piston (ring seher) atau seal klep sudah lemah, sehingga menyebabkan merembesnya oli dan masuk ke ruang bakar. Oli yang masuk di ruang bakar akan menghasilkan asap putih yang dibuang melalui knalpot.

Selain itu, oli yang masuk ke ruang bakar juga membuat busi cepat mati dan kepala busi akan berwarna hitam dan berkerak akibat oli yang terbakar. Hal yang lebih berbahaya adalah oli mesin akan cepat berkurang jika kondisi ring seher semakin parah.

Memperbaiki mobil dengan kerusakan seperti ini, hanya ada satu cara yaitu, mengganti komponen ring seher yang sudah lemah dengan yang baru. Kerusakan ini bisa disebabkan karena usia pakai atau perawatan yang tidak benar, seperti mengganti oli yang tidak tepat waktu dan mesin pernah mengalami overheat.

Bagi pemilik kendaraan yang sudah mengalami gejala tersebut, sebaiknya lebih sering mengecek kondisi oli mesin sesua dengan waktunya, terlebih setelah melakukan perjalanan jauh. Pastikan oli mesin mobil tidak kering, karena akan berakibat kerusakan yang lebih parah atau overheat dan harus turun mesin.
(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment