Thursday, March 24, 2016

Cegah Mengemudi sambil Mabuk, Honda Buat Detektor Alkohol Portable

Cegah Mengemudi sambil Mabuk, Honda Buat Detektor Alkohol PortableTokyo - Seringkali kita melihat kasus kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang mabuk. Nah, untuk mengantisipasi hal demikian, Honda Motor Co. Ltd mengembangkan prototipe detektor alkohol yang dapat melihat level alkohol pengemudi dari hembusan nafas.

Dilansir dari laman resmi Honda, Jumat (25/3/2016), alat tersebut merupakan proyek kerjasama antara Honda dengan Hitachi. Tujuannya untuk mencegah maupun menghentikan pengemudi mobil yang mabuk sebagai wujud keselamatan berkendara.

Detektor alkohol tersebut dapat dibawa kemana saja atau portable dan berbentuk seperti handphone. Selain itu, detektor buatan Honda dan Hitachi juga dilengkapi sensor yang dapat mendeteksi dan mengukur kadar alkohol penggunanya. Dalam waktu tiga detik saja, kadar alkohol sudah dapat terdeteksi.

Hasil pada detektor portable tersebut akan terekam dan masuk ke dalam sistem mesin mobil. Jika terdeteksi kadar alkohol melampaui batas, maka indikator akan memberi peringatan pada layar panel mobil. Alat detektor ini akan dipresentasikan pada acara SAE World Congress yang berlangsung mulai 12 hingga 14 April 2016 di Detroit, Amerika Serikat.

Alat detektor alkohol sendiri telah banyak digunakan di beberapa negara. Seperti di Jepang, untuk melihat kadar alkohol pengemudi dilakukan oleh operator transportasi dengan menggunakan alcohol detector. Alat itu digunakan bagi pengemudi profesional sebelum mereka melakukan pekerjaan.

Badan Keselamatan Berlalu Lintas Amerika Serikat (NHTSA) juga melakukan hal serupa. Mereka telah meluncurkan teknologi interlock yang dapat menghubungkan detektor alkohol pada mesin kendaraan.


(nkn/ nkn)

0 comments:

Post a Comment