Friday, May 27, 2016

Restorasi Mobil Klasik yang Pertahankan Orisinalitas

Restorasi Mobil Klasik yang Pertahankan OrisinalitasDepok - Tak sedikit modifikator saat ini yang merestorasi mobil-mobil klasik. Untuk mendapatkan nilai estetika, mobil klasik yang direstorasi biasanya mempertahankan orisinalitasnya.

Salah satunya adalah mobil restorasi yang dikerjakan oleh bengkel modifikasi Garasi 941 di Cinere Autopart, Cinere, Depok, Jawa Barat. Bengkel yang berkonsep back to original ini menerima segal jenis mobil, tapi saat ini rata-rata mobil yang dikerjakan adalah mobil Holden.

"Kalau konsep khusus sih enggak ada. Cuma kita suggest ke para customer itu lebih ke back to original, jadi kita akan tetap mempertahankan orisinalitas mobilnya, karena kalau mobil-mobil klasik itu kan bisa dinilai dari orig inality-nya," kata Ricky Wibowo Limarga atau biasa dikenal Ricky Bocil, salah satu penggawa Garasi 941.

Ricky menjelaskan, biasanya Garasi 941 memodifikasi mobil-mobil retro. Namun, tak melulu mobil klasik, tergantung dari permintaan customer.

"Karena kan customer itu raja, jadi kalau ada permintaan di luar retro klasik itu ya tetap kita kerjakan," ujar Ricky.

Garasi 941 biasanya mengerjakan modifikasi mobil dalam waktu enam sampai sembilan bulan. Untuk memodifikasi mobil klasik, biasanya memakan biaya Rp 30 jutaan atau lebih.

"Kalau mobil yang dibawa keadaannya parah atau masuk kategori mobil 'bangkai', itu bisa lebih besar biayanya," jelasnya.

Ricky juga memberikan sedikit tips sederhana kepada pemilik mobil klasik yang telah direstorasi. Ricky mengatakan, mobil yang sudah direstorasi harus dipakai secara rutin dan pemiliknya harus memperhatikan perawatan.

"Sehingga nantinya akan tahu apa saja yang kurang dan yang haru s diperbaiki. Karena mobil yang diam enggak akan kita ketahui apa yang terjadi sama mobilnya. Dan yang penting juga adalah pengecekan dan perawatan serta mengenal mobil itu sendiri," ucap Ricky.

Ricky berharap, mobil klasik bisa dilestarikan. Sebab, mobil klasik terlihat lebih indah.

"Saya berharap dunia otomotif Indonesia tidak mati. Mobil-mobil klasik harus dilestarikan, karena menurut saya mobil klasik itu indah," tutupnya.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment