Sunday, June 26, 2016

'Bukan Hanya Darurat Narkoba, Indonesia Juga Darurat Jalan Raya'

Jakarta - Kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih terbilang tinggi. Kecelakaan biasanya dipicu dari kebiasaan buruk pengguna jalan. Banyak kasus ketika kita sudah menerapkan cara berkendara yang aman, namun pengguna jalan lain tak menerapkan hal yang sama.

Untuk itu, menurut instruktur keselamatan berkendara Rifat Drive Labs, Citra Ayu Lestari, keselamatan berkendara diawali dari diri sendiri.
"Bayangkan, 80 nyawa dalam sehari melayang di Indonesia. Indonesia bisa dikatakan darurat jalan raya. Jadi bukan hanya Indonesia darurat narkoba," kata Citra saat sharing soal keselamatan jalan raya di acara Welovehonda Community Gathering bersama detikOto di Jakarta, Minggu (26/6/2016).
Citra mengatakan, di Indonesia masih banyak pemotor yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas. Banyak yang melakukan pelanggaran dengan melawan arus, hingga kurang lengkapnya surat-surat.
"Pelanggaran paling banyak melawan arus, kelengkapan surat-surat, menurunkan-menaikkan penumpang di sembarang tempat dan penggunaan helm," ujar Citra.
Jadi, kesadaran pengendara sangat dibutuhkan. Jangan salahkan pihak lain jika dari diri sendiri saja sudah lalai.
"Jangan salahkan lingkungan, jangan salahkan pemerintah kalau terjadi seperti ini. Balik lagi ke kita, mau enggak jadi pengendara defensif," ujar Citra.

(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment