Thursday, June 16, 2016

Di Jepang, Lebih Baik Pakai Truk Baru daripada Operasikan Truk Tua

Di Jepang, Lebih Baik Pakai Truk Baru daripada Operasikan Truk TuaJakarta - Truk dengan kondisi tidak laik jalan masih banyak beredar di jalanan. Kendaraan tersebut kerap kali menjadi biang kerok permasalahan transportasi di Indonesia. Lantas bagaimana kondisinya jika dibandingkan di Jepang?

Dikatakan Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Keiji Takeda mengatakan di Jepang justru banyak pengusaha yang lebih memilih untuk membeli truk baru dibanding harus mengoperasikan truk 'tua'.

Sebab, biaya Pengujian Kendaraan Bermotor atau KIR untuk truk tua di Jepang lebih mahal dibanding truk baru. Truk tua membutuhkan banyak biaya perawatan atau pergantian komponen untuk memenuhi standar keselamatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Jepang.

"Ada semacam KIR di Jepang, khususnya untuk truk komersil peraturannya keras sekali karena ada safety-nya. Setiap setengah tahun harus KIR dengan komponen-komponen penting yang harus diganti. Jadi kalau makin lama truknya, makin banyak yang harus diganti. Kalau lebih tua, maintenance cost lebih tinggi. Daripada tiap setengah tahun harus bayar, mereka pikir lebih enak beli baru," ujar Keiji kepada detikOto, Kamis (16/6/2016).

Sementara jika melihat kondisi yang terjadi di Indonesia justru yang terjadi sebaliknya. Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah lembaga terus memberi izin perdagangan barang dan saat diuji terus diberikan buku ujinya.

Apalagi kebanyakan truk untuk angkutan barang tersebut bukanlah truk baru yang menyebabkan truk-truk tua semakin banyak melintas di jalanan.
(nkn/rgr)

0 comments:

Post a Comment