Thursday, June 16, 2016

Ini Rute Uji Coba Penerapan Ganjil Genap Usai Lebaran

Ini Rute Uji Coba Penerapan Ganjil Genap Usai LebaranJakarta - Sistem ganjil-genap akan diuji coba usai lebaran tahun 2016 karena tingkat kemacetan semakin menggila. Uji coba ini digelar di bekas lokasi penerapan 3 in 1 dan Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Dinas perhubungan (Dishub) DKI Jakarta rapat bersama perwakilan Ditlantas Polda Metro Jaya, Dewan Transportasi DKI Jakarta, Dinas Bina Marga, dan jajaran Satlantas Polres Jakarta Pusat dan Selatan, Satpol PP serta perwakilan dari Transjakarta untuk menggodok uji coba ganjil-genap tersebut.

Dishub DKI dan Ditlantas Polda Metro Jaya rapat menggodok uji coba ganjil-genap (Foto: Kartika/detikcom)


"Pasca penghapusan 3 in 1 banyak sekali keluhan masyarakat, katanya macet. Tapi banyak juga yang mendukung keputusan tersebut. Kalau yang sering lewat koridor tersebut senang. Kalau enggak biasa ya enggak senang," kata Kadishub DKI Andri Yansyah saat membuka rapat di Gedung Dinas Perhubungan, Jl Taman Jatibaru, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2016).

"Penerapan ganjil-genap ini karena tingkat kemacetan di kawasan dihapusnya 3 in 1 itu sudah sangat parah," lanjut Andri.

Menurut dia, penerapan ganjil genap ini salah satu solusi transisi sebelum diterapkan sistem Jalan Berbayar Elektronik (ERP). "ERP sudah masuk LKPP, nanti ganjil-genap akan diberlakukan di bekas jalur 3 in 1 dan Jalan H Rasuna Said. Saya tambahkan Jalan Rasuna Said karena nanti di sana juga akan diterapkan ERP," imbuh Andri.

Tentang teknis pemberlakuannya, Dishub dan Ditlantas akhirnya menyepakati penerapan berdasarkan tanggal. "Jadi pelat ganjil di tanggal ganjil, pelat genap di tanggal genap. Karena kalau (penerapan berdasar (hari) nanti jadi enggak seimbang. Sabtu dan Minggu peraturan ini enggak kita terapkan, nanti jadi banyakan ganjilnya," ujar Andri.

Agar adil, peraturan ganjil-genap akan diberlakukan untuk semua kendaraan, termasuk kendaraan roda dua. Aturan ini juga berlaku bagi kendaraan pelat nomor dari luar Jakarta yang melintas di kawasan ganjil-genap.

"Pokoknya di kawasan tersebut tadi (eks 3 in 1) apabila sudah ditetapkan siapa pun yang lewat situ berlaku," kata Andri.
(aan/ddn)

0 comments:

Post a Comment