Thursday, June 16, 2016

Uji Coba Pelat Ganjil Genap Dimulai Usai Lebaran

Uji Coba Pelat Ganjil Genap Dimulai Usai LebaranJakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memastikan akan menguji coba sistem ganjil-genap usai Lebaran tahun 2016. Sistem ini ialah salah satu solusi yang ditawarkan Dishub untuk mengurai kemacetan di Jakarta usai penghapusan 3 in 1.

"Iya (habis Lebaran), diuji coba dulu," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Andri Yansyah kepada detikcom, Kamis (16/6/2016).

Andri mengatakan penerapan sistem ganjil-genap ini tengah memasuki tahap pembahasan. Pembahasan akan dilakukan bersama Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) untuk merampungkan penerapan kebijakan tersebut.

"Karena habis Lebaran ini mau kita uji, jadi dalam minggu-minggu ini kami akan menggodok mekanismenya. Mobil-mobil apa, pelaksanaannya kayak bagaimana, kan semua harus dibicarakan dengan Ditlantas (Polda Metro Jaya)," papar Andri.

Pembahasan, sambung Andri, untuk menentukan metode apa yang akan digunakan dalam penerapan sistem ganjil-genap. "Apa nanti menggunakan tanggal atau hari dilihatnya," imbuhnya.

Sistem ganjil-genap ini memang direncanakan untuk 'menggantikan' kebijakan 3 in 1 yang telah dihapus. Mobil-mobil dengan plat nomor ganjil, hanya boleh melintas ketika tanggal ganjil. Begitu juga sebaliknya dengan kendaraan berplat nomor genap hanya boleh memenuhi lalu lintas Jakarta saat tanggal genap.

"Jadi belum bisa kita jawab dulu nanti mau digodok lagi. Ini dalam proses pembahasan termasuk mekanismenya seperti apa, penilangan bagi yang melanggar bagaimana serta sosialisasi yang digunakan seperti apa," urai Andri.

"Kalau sudah disetujui, sesuai SOP-nya nanti akan dilakukan uji coba selama satu bulan semenjak diberlakukan, " sambungnya.
(mad/ddn)

0 comments:

Post a Comment