Saturday, June 25, 2016

Kalau Indonesia Sudah Terapkan Euro4, Mesin Diesel Mazda Bisa Dibawa

Kalau Indonesia Sudah Terapkan Euro4, Mesin Diesel Mazda Bisa DibawaJakarta - Saat ini, Mazda Motor Indonesia (MMI) belum memiliki mobil bermesin diesel yang dijual di Indonesia. Alasannya, bahan bakar diesel di Indonesia belum cocok untuk mesin Mazda berteknologi SKYACTIV-D.

Menurut Senior Marketing Manager MMI, Astrid Ariani Wijana, pihaknya mau membawa mesin diesel Mazda ke Indonesia kalau Indonesia sudah benar-benar menerapkan standar emisi Euro4 dan bahan bakar diesel yang dibutuhkan mobil diesel Mazda sudah tersebar ke seluruh Indonesia. Bahan bakar diesel Pertamina Dexlite yang baru diluncurkan beberapa waktu lalu bukanlah bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mesin Mazda berteknologi SKYACTIV-D.

"Kalau SKYACTIV-D yang dibutuhkan Mazda itu memang benar-benar pergantian standar Euro di Indonesia. Jadi kita enggak bisa bilang karena simply ada Pertamina Dex atau Dexlite atau apa pun itu jadi bisa bawa mobilnya. Karena memang kalau SKYACTIV-D intinya sebenarnya harusnya Pertamina Dex minimal," kata Astrid di Jakarta.

Tapi, lanjut Astrid, ketersedian Pertamina DEX masih belum merata di semua kota di Indonesia. Sedangkan, salah satu pertimbangan Mazda adalah bagaimana konsumen bisa menjaga dan merawat mobil sesuai dengan petunjuk penggunaan.

"Jadi otomatis, jika pembeli itu mereka yang tinggal di luar kota yang di tempat mereka enggak ada Pertamina Dex, ini kan membuat kesulitan juga nantinya. Jadi untuk saat ini kami masih menunggu peraturan yang lebih pasti terkait dengan tingakat Euro yang dianut oleh Indonesia," katanya.

Dia menegaskan, kalau Indonesia sudah menerapkan Euro4, maka Mazda bisa menjual mobil diesel.

"Kalau saja kita masuk Euro 4, pasti SKYACTIV-D bisa ini bisa kita bawa. Saya sih pengin banget ini mesin diesel masuk, tapi kita kan harus memastikan dulu kondisi marketnya sudah bisa mensuplai kebutuhan kendaraan ini. Sayangnya belum. Kan yang beli mobil bukan orang Jakarta aja," ujar Astrid.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment