Wednesday, June 22, 2016

Tips Agar Aki Motor Bisa Lebih Awet

Tips Agar Aki Motor Bisa Lebih AwetJakarta - Motor-motor yang sudah berteknologi injeksi bahan bakar saat ini bekerja dengan beragam sistem kelistrikan. Untuk itu, aki menjadi salah satu perangkat paling penting pada motor injeksi.

Aki yang soak tentu akan menyulitkan pengguna motor. Aki yang mati bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan, sensor-sensor tidak bekerja maksimal, bahkan dalam kasus parah, kerusakan akan merembet.

Menurut Agus Gumilar salah satu mekanik di bengkel AHASS Pahala Motor, Sukapura, Jakarta Utara, usia aki tergantung pada penggunaannya. Jika pemilik motor melakukan kebiasaan buruk, maka aki motor akan cepat soak.

Biasanya, kata Agus, aki yang cepat mati disebabkan oleh penggunaan starter elekt rik saat lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL) masih menyala. MIL adalah lampu indikator yang ada di cluster meter dan biasanya berwarna kuning. Biasanya ketika kunci kontak diposisikan ke 'ON', lampu MIL akan menyala, dan beberapa saat kemudian mati lagi jika kondisinya normal.

Jadi, tips dari Agus adalah, ketika ingin menyalakan mesin motor, tunggu lampu MIL mati terlebih dahulu. Kalau lampu MIL masih menyala dan mesin langsung dihidupkan, maka sistem akan menyedot arus setrum lebih banyak.

"Kalau lampu MIL masih nyala, dia kan bensin masih di jalan, begitu di-start dia langsung kaget, jadi ngambil arus setrum aki," kata Agus kepada detikOto, di bengkel AHASS Pahala Motor, Sukapura, Jakarta Utara, Rabu (22/6/2016).

Tips lain agar aki lebih awet adalah penggunaan kick starter atau engkol untuk menghidupkan mesin motor. Agus menyarankan, saat pertama kali menyalakan mesin motor di pagi hari, jangan langsung menggunakan starter elektrik.

" Jadi kita pakai engkol dulu dalam posisi kontak OFF, kita pakai kick starter, kurang lebih 3-4 kali (diengkol). Itu biar oli naik dulu, biar semburan olinya merata dulu. Kalau udah diengkol 3-4 kali dalam keadaan OFF, baru kontak ON, baru dinyalakan mesinnya, terus dipanasin. Jadi biar si setrumnya ngisi ke aki. Kalau langsung mau jalan, ya jalan kalau belum mau jalan matiin dulu. Kalau udah begitu (pakai) starter (elektrik) juga enggak apa-apa," jelas Agus.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment