Tuesday, July 12, 2016

Jaguar Land Rover Uji 100 Mobil Otonom di Inggris

Jaguar Land Rover Uji 100 Mobil Otonom di InggrisLondon - Pabrikan mobil Jaguar Land Rover akan menguji 100 unit mobil otonom pada 2020 mendatang. Mobil tanpa sopir tersebut akan diuji di jalan perkotaan maupun jalan bebas hambatan. Model pertama akan berada di jalanan akhir tahun ini.

Produsen mobil Range Rover dan mobil sport ini akan menjajal model pertama di jalanan sejauh 66 km dekat markas Jaguar Land Rover di Inggris bagian tengah.

Dilansir Reuters, Rabu (13/7/2016), Kepala Penelitian Jaguar Land Rover Tony Harper mengatakan teknologi pada mobil otonom diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam hal lalu lintas maupun pengurangan tingkat kecelakaan.

"Teknologi otomatis dan terhubung kami dapat membant u untuk meningkatkan arus lalu lintas, mengurangi kemacetan, serta mengurangi potensi terjadinya kecelakaan," ujar Tony.

Untuk memperlancar kehadiran mobil otonom, pemerintah Inggris tengah membuat regulasi terkait uji coba mobil di jalan bebas hambatan serta izin agar publik bisa menggunakan mobil tersebut di jalan pada 2020 mendatang. Jaguar Land Rover diberitakan detikOto kemarin sudah mulai menguji mobil otonom di jalanan offroad.

Selain Jaguar Land Rover, sejumlah pabrikan mobil lain juga tengah menguji coba mobil otonom mereka di Inggris seperti Ford dan Volvo.

Sementara Nissan, bakal membuat pabrik pembuatan mobil otonom secara massal di Sunderland, Inggris.




(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment