Friday, July 29, 2016

Penerapan Euro4 Masih Terkendala Bahan Bakar

Penerapan Euro4 Masih Terkendala Bahan BakarJakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap agar Indonesia bisa menerapkan standar Euro4 untuk bisa bersaing di pasar ekspor. Saat ini Indonesia masih menggunakan standar Euro2 yang dianggap Gaikindo tidak efisien.

"Kan masalahnya dari Euro2 ke Euro4 itu kan masih banyak kendala pemerintah ya, kita dari Gaikindo sudah meminta secepat-cepatnya dinaikkan jadi Euro4 karena pasar ekspor kan paling kecil Euro4 supaya lebih efisien. Kalau kita bikin Euro2 kan kita bikin line produksi baru lagi jadinya nggak efisien," ujar Ketua III Gaikindo, Rizwan Alamsjah, di Jakarta.

Menurut Rizwan hal ini masih terkendala akan ketersediaan bahan bakar. Dia menyebut, ketersediaan bahan bakar dari Pertamina membutuhkan waktu yang tak sebentar.

"Udah menjadi perhatian Pak Presiden malah untuk dikerjakan secepat-cepatnya cuma masalahnya ketersediaan bahan bakar dari Pertamina itu butuh waktu, kilangnya kan mesti dibangun lagi cuma tergantung pemerintah dalam arti dananya dan sebagainya," lanjut Rizwan.

Meski begitu, Rizwan mengatakan pihak Pertamina juga terus berupaya mempercepat agar penerapan Euro4 bisa terwujud. Ini terlihat dari Pertamina yang memajukan target dari 2025 ke 2020.

"Pokoknya dari rencana mereka tadinya 2025 maju terus sekarang udah 2020 kali ya. Tapi dimajukan terus," tutup Rizwan.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment