Thursday, January 10, 2013

Efek Musik Juga Bisa Bikin Kecelakaan!

Efek Musik Juga Bisa Bikin Kecelakaan! New York - Tidak hanya menggunakan telepon genggam, mabuk atau mengantuk yang bisa mencederai Anda ketika berkendara. Efek mendengarkan musik juga bisa bikin Anda celaka ketika mengendarai kendaraan. Apa penyebabnya.

Para peneliti dari Universitas Metropolitan London telah menemukan bahwa jenis musik tertentu juga bisa membuat pengendara mengemudi lebih tak menentu.

Efek dari jenis musik tertentu yang tidak jelas bisa memacu adrenalin pengemudi sehingga bisa berbuat di luar batas.

Dilansir Daily Mail, para peneliti membuktikan dengan beberapa relawan dan diberikan jenis lagu yang berbeda-beda mulai jenis musik Beethoven, Bach’s Toccata, Fugue in D Minor dan The Blue Danube Strauss.

Hasilnya para pengendara mobil lebih urakan dalam berkendara. Aktivitas mengemudi tidak selumbut ketika mendengarkan musik yang agak lembut.

Dikutip iol, Jumat (11/1/2013) para peneliti mendapatkan data aktual adanya cara berkendara mobil paling aman terjadi saat pengemudi mendengarkan lagu-lagu dengan tempo 60-80 denyut per menit atau kira-kira sama dengan detak jantung manusia.

Beberapa musik yang paling aman untuk didengarkan adalah musik Don’t Want to Miss a Thing dari Aerosmith. Musik dari group band asal Amerika Serikat tersebut terbukti aman untuk didengarkan ketika mengemudi. Memang jenis musik rock, namun peneliti jenis rock yang dilantunkan Aerosmith terbilang lembut.

Selain itu jenis musik lainnya adalah Tiny Dancer dari Elton John dan Come Away With Me dari Norah Jones yang akan menjaga kecepatan kendaraan.

0 comments:

Post a Comment