Thursday, January 10, 2013

RI Kalah Cepat, Kamboja Sudah Luncurkan Mobil Listrik

RI Kalah Cepat, Kamboja Sudah Luncurkan Mobil Listrik Phonm Penh - Soal mobil listrik, Indonesia ketinggalan dengan Kamboja. Negeri almarhum Raja Sihanouk ini sukses meluncurkan mobil listrik. Wow!

Dilansir The Phonm Penh Post, Jumat (11/1/2013), peluncuran mobil listrik yang dinamai Angkor EV 2013, itu digelar pada 7 Januari. Mobil ini diproduksi oleh Heng Development yang berbasis di Provinsi Kandal.

Direktur Umum Heng Development Seang Chan Heng menuturkan mobil itu didesain oleh inovator lokal bernama Nhean Phalloek.

Baterai mobil ini sanggup melaju sampai 300 km dan memiliki kecepatan maksimal 60 km per jam. Harganya di bawah US$ 10.000.

Harusnya mobil ini meluncur beberapa waktu lalu, namun karena ada partner yang kabur, proyek mobil listrik ini sempat tertunda. Belum ada perkiraan kira-kira berapa unit mobil ini bisa terjual.

"Di 2013, kami akan menjual beberapa mobil di pasaran, tetapi angka pastinya kami tidak tahu," ujarnya.

Beberapa komponen mobil diproduksi di Kamboja, sisanya diimpor dari China, Jepang dan Jerman. Jika melihat mobil yang masih berupa prototipe, Angkor EV yang baru diluncurkan ini terlihat lebih keren dan futuristik. Apalagi dengan model pintu yang terbuka ke atas.

0 comments:

Post a Comment