Thursday, January 10, 2013

Mengenal Sistem Kerja Rem Tucuxi

Mengenal Sistem Kerja Rem Tucuxi Jakarta - Pompa vakum elektrik (electric vacuum pump/EVP) merupakan salah satu fitur penting yang wajib dimiliki pada sistem rem mobil listrik modern seperti Tucuxi.

Pada mobil bermesin biasa, penggunaan rem sebenarnya bisa dikurangi dengan memanfaatkan engine brake. Mobil bisa dikurangi lajunya dengan menurunkan gigi transmisi secara bertahap.

Sedangkan mobil listrik hanya mengandalkan sistem rem semata. Bosch yang juga memproduksi EVP menuturkan kelebihan EVP dibandingkan dengan pompa mekanik biasa di sistem rem, EVP lebih irit dan mengurangi emisi.

Nah, EVP ini memberikan tenaga penghisap bagi booster rem agar bisa bekerja menghentikan laju kendaraan. Tanpa EVP, sistem rem tidak akan berfungsi.

EVP inilah yang menurut pencipta mobil listrik Tucuxi, Danet Suryatama diganti dengan komponen lain, sehingga akibatnya rem menjadi blong.

Sayang kami belum mengetahui apakah Tucuxi sudah memiliki fitur rem regeneratif atau tidak. Soalnya fitur ini sangat penting bagi sebuah mobil listrik.

Fitur rem regeneratif sudah biasa dipakai di mobil plug in hybrid seperti Toyota Prius, Chevy Volt dan mobil listrik murni seperti Nissan LEAF.

Rem pada dasarnya adalah piranti penghenti laju kendaraan yang mengubah energi gerak menjadi energi panas. Dan energi itu kemudian dikonversi menjadi energi listrik yang disimpan di rem.

Jadi begitu kita mengerem, mobil-mobil listrik itu langsung mengisi kembali baterainya. Jadi tidak ada energi yang terbuang percuma.

0 comments:

Post a Comment