Tuesday, February 26, 2013

Audi Quattro Tembus 5 Juta Unit

Audi Quattro Tembus 5 Juta Unit Jakarta - Audi merayakan merayakan mesin Quattro yang ke-5 juta unit sejak kelahirannya di 1980. Mesin jenis tersebut kini sudah tersebar di seluruh dunia.

Seperti dilansir automobile, Rabu (27/2/2013), saat ini ada 140 model berbeda Quattro yang telah tersemat di tubuh Audi. Tidak hanya sampai disitu, tahun lalu lebih dari 43 persen semua Audi telah dilengkapi Quattro all wheel drive.

Bahkan teknologi ini telah menjadi standar global untuk model Q7, R8, A4 semua model, A6 semua model, Audi RS dan model S. Dan untuk market di AS, mesin Quattro juga telah menjadi standar model A5, A7, A8, dan Q5.

Dan untuk model TT, mesin Quattro dipasang dengan cara melintang. Dengan menggunakan kopling multi-pelat yang dikontrol secara elektronik, dan dapat mengirim hingga 100 persen torsi mesin ke roda belakang.

Sedangkan untuk mesin Quattro yang dipasang longitudinal, seperti yang terdapat ditubuh A8. Memiliki center differential self-locking di bagian tengah kendaraan. Sehingga sistem quattro ini bisa menghasilkan torsi split 40/60 pada bagian depan atau belakang.

Untuk mesin Quattro sporty, seperti RS5. Menggunakan sistem center differential "crown", yang bisa lebih cepat bervariasi membagi tenaga (torsi). Untuk bagian depan mencapai 80 persen dan tenaga bagian belakang mencapai 75 persen.

Sementara untuk Audi R8, memiliki sistem quattro yang unik. Dimana kontruksi mid-engine. Driveshaft bisa langsung bekerja sama dengan crankcase mesin, dan mengirimkan tenaga ke viscous coupling di as roda depan. Tenaga yang disalurkan bisa mencapai 15 sampai 30 persen, dari tenaga (torsi) mesin menuju ke roda depan.

(lth/ikh)

0 comments:

Post a Comment