Tuesday, February 26, 2013

Diduga Bermasalah, Toyota Prius Diselidiki

Diduga Bermasalah, Toyota Prius Diselidiki Jakarta - Salah satu mobil hybrid populer Toyota Prius tengah diperiksa oleh Highway Traffic Safety Administration Nasional. Lembaga keselamatan di AS tersebut menduga terdapat kerusakan pada sistem kemudi mobil asal Jepang tersebut.

Dilansir leftlanenews, Rabu (27/2/2013) NHTSA mengatakan saat ini sedang melakukan pemeriksaan terhadap 561.000 Prius hybrid buatan tahun 2004-2009 yang dipasarkan di negeri Paman Sam.

Informasi media AS menyebutkan langkah NHTSA untuk melakukan pemeriksaan terhadap mobil mesin ganda itu berdasarkan keluhan beberapa pengguna Prius hybrid di AS yang mengatakan terjadi kerusakan pada sistem kemudi mobil Prius generasi kedua itu. Pemilik merasakan getaran pada sistem kemudinya.

Analisis di bidang otomotif, Reston asal Virginia menduga 'steering column linkage' pada kemudi mobil tersebut tidak dipasang dengan benar pada saat proses perakitan.

Beruntung, kasus tersebut belum memakan korban jiwa. Pihak NHTSA belum menyarankan Toyota untuk segera me-recall sampai proses penyelidikan selesai.

Jika recall di awal tahun ini terjadi, maka ini kali ketiga Prius ditarik dari pasaran. Tahun lalu Toyota harus menarik 669.000 unit dari tahun 2004-2009 untuk mengganti program pengendalian.

Dan di 2006, sebanyak 170.000 unit Prius hybrid ditarik karena ada keretakan pada poros kemudi. Recall tersebut hanya mempengaruhi Prius hybrid lansiran 2004-2006.

(ikh/ddn)

0 comments:

Post a Comment