Friday, March 1, 2013

Sekali Dicas Mobil Ini Bisa Jalan Jakarta-Bali

Sekali Dicas Mobil Ini Bisa Jalan Jakarta-Bali Jakarta - Meski saat ini masih kecil, pasar mobil listrik dunia tetaplah dianggap sebagai pasar potensial di masa depan. Banyak pihak sudah mengincar pasar mobil listrik, salah satunya adalah Silex Power yang diklaim mampu menciptakan mobil listrik yang sudah bisa berjalan sejauh 1.000 km sebelum di charge ulang.

Jarak 1.000 km tersebut tentu saja membuat kaget banyak orang. Sebab saat ini mobil listrik hanya mampu berjalan kurang dari 200 km sebelum harus di charge ulang. Nah, mobil listrik buatan Silex Power yang diberi nama Chreos EV ini mampu berjalan 1.000 km atau sama dengan jarak antara Jakarta dengan Denpasar, Bali.

Dari desainnya, mobil ini mengambil model fastback sedan dengan panjang 5,42 meter, lebar 2,16 meter dan tinggi 1,49 meter. Tubuhnya itu dibangun dari bahan carbon fiber.

Silex mengklaim kalau mobil yang memiliki empat motor listrik, satu disetiap roda, tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 640 bhp dengan torsi yang cukup besar yakni mencapai 4.400 Nm.

Dengan tenaga seperti itu, maka Chreos diklaim mampu berakselerasi dari diam sampai 100 km/jam dalam waktu hanya 2,9 detik saja, angka ini sama dengan yang bisa dibukukan oleh sebuah Lamborghini Aventador.

Namun untuk kecepatannya, Silex yang membatasi kecepatan mobil ini hingga 300 km/jam karena aasan keamanan. Bila berjalan konstan di kecepatan 125 km/jam, maka kekuatan baterai mobil yang akan dijual pada 2015 ini diklaim akan mampu mencapai 1.000 km.

Uniknya, bila saat ini pengisian ulang tenaga baterai mobil memakan waktu hingga berjam-jam, teknologi 'hypercharge' yang sudah dikembangkan Silex diklaim akan mampu membuat pemiliknya hanya perlu 10 menit untuk mengisi ulang tenaga baterai yang kosong.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment