Wednesday, June 26, 2013

1,5 Juta Jeep Akhirnya Kena Recall

1,5 Juta Jeep Akhirnya Kena Recall Jakarta - Drama penolakan recall Chrysler terhadap jutaan mobil Jeep berakhir kompromi. Bila sebelumnya Chrysler harus menarik 2,7 juta Jeep Liberty dan Grand Cherokee, kini angka itu berkurang jadi 1,5 juta kendaraan saja.

Sebelumnya Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menyarankan agar Chrysler untuk menarik 2,7 juta mobil, namun pihak Chrysler menolak.

Penyelidikan NHTSA terkait dua model Jeep tadi sudah dilakukan sejak September 2010. NHTSA mengatakan tangki bensin yang berada di bawah bagian belakang mudah meledak ketika mobil mengalami kecelakaan.

Kondisi tangki bensin akan lebih fatal lagi ketika mobil ditabrak dari belakang. NHTSA mengatakan 15 orang tewas dan 41 luka-luka dalam kecelakaan akibat masalah tersebut.

Dengan 'kekalahan' Chrysler tersebut, maka Grand Cherokee (ZJ) model tahun 1993-1998, Liberty (KJ) model tahun 2002-2007 dan Grand Cherokee (WJ) model tahun 1999-2004 harus ditarik. Jumlahnya 1,56 juta unit.

Meski menerima kenyataan harus melakukan recall, Chrysler tetap menegaskan kalau mobil-mobil Jeep memiliki tingkat keamanan tinggi dan termasuk salah satu mobil teraman dikelasnya.

Produsen asal Detroit itu mengatakan kalau recall yang mereka lakukan ini adalah untuk memberikan langkah-langkah tambahan untuk melengkapi keselamatan kendaraan.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment