Wednesday, June 26, 2013

Mobil Ini Lebih Irit dari Hybrid

Mobil Ini Lebih Irit dari Hybrid Washington - Rekor dunia baru tercipta di dunia otomotif setelah sebuah Volkswagen Passat mampu menampilkan tingkat efisiensi terendah. Mobil ini bukanlah mobil hybrid, tapi mampu menampilkan efisiensi sampai 33,1 km/liter.

Rekor baru tertorehkan di Guinness World Record ketika 2013 Volkswagen Passat TDI Clean Diesel yang dikendarai Wayne Gerdes dan Bob Winger berhasil melewati 8.000 mil jalan atau sekitar 12.874,7 km melintasi 48 negara bagian di Amerika Serikat.

Dari perjalanan tersebut, seperti dilansir LA Times, Rabu (26/6/2013) keduanya mampu membuktikan tingkat efisiensi hingga 78 mpg atau sekitar 33,1 km/liter setelah perjalanan panjang selama 17 hari lamanya.

Mobil ini sendiri merupakan mobil standar dengan ubahan yang minimal yakni hanya mengganti ban Continental semata.

Angka itu terhitung lebih baik 10 mpg atau 4,2 km/liter dibanding rekor sebelumnya dan bahkan 13 mpg atau 5,5 km/liter lebih banuk dibandingkan rekor yang dicetak mobil hybrid.

Ada pun 2013 Volkswagen Passat TDI Clean Diesel menurut perhitungan U.S. Environmental Protection Agency versi standarnya memang sudah irit karena bisa menampilkan tingkat efisiensi sampai 18,2 km/liter. Namun EPA juga menjelaskan kalau angka itu tidaklah baku karena masih sangat tergantung pada gaya mengemudi tiap orang.

"Hal ini menunjukkan berapa banyak konsumsi bahan bakar yang tergantung pada pengemudi," kata Gerdes.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment