Saturday, June 1, 2013

Mazda Urungkan Niat Produksi, Saham Spare Part di Thailand Anjlok

Mazda Urungkan Niat Produksi, Saham Spare Part di Thailand Anjlok Jakarta - Keputusan Mazda untuk tidak menambah kapasitas produksi mereka di Thailand. Rupanya berbuntut panjang untuk industri otomotif di negeri Gajah Putih tersebut. Salah satunya dengan menurun drastisnya nilai saham para pemasok auto part (spare part) di Thailand.

Seperti dilansir Reuters. Bahkan menurunnya nilai saham di Thailand, diklaim sebagai era kemunduran dunia otomotif di Thailand.

Penurunan saham pemasok spare part di Thailand disebabkan oleh salah satu produsen asal Jepang Mazda Motor Corp, yang memangkas produksi mereka disusul dengan pembatalan akan permintaan kendaraan baru dari Thailand.

Dampak penurunan saham spare part terbesar di Thailand kali ini paling berdampak kepada 3 perusahaan spare part di Thailand.

Diantaranya, perusahaan Subindex yang menurun hingga 1,3 persen, saham AAPICO Hitech Pcl yang menurun hingga 2,9 persen, dan penurunan saham sebanyak 2,8 persen dirasakan perusahaan Somboon Teknologi Advance Pcl.

"Ini merupakan tanda awal dari pasar mobil yang melambat. Ditambah dengan perkiraan kuartal kedua yang bakal rendah setiap tahunnya. Dan lemahnya pemesanan onderdil mobil kepada perusahaan (perusahaan Spare part)," kata broker Trinity Securities di Thailand.

(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment