Friday, May 31, 2013

Jerman Berkomitmen Perbanyak Mobil Listrik

Jerman Berkomitmen Perbanyak Mobil Listrik Jakarta - Meski pasar mobil listrik terus menurun dan banyak yang mulai berpaling darinya, namun itu tidak berlaku bagi Jerman sebagai salah kiblat industri otomotif di dunia.

Bahkan dengan gamblang pemerintah Jerman menyatakan akan tetap menargetkan 1 juta unit mobil listrik bakal terealisasi di 2020. Seperti dilansir leftlanenews.

"Tidak ada alasan bagi pemerintah federal untuk meninggalkan tujuan dari satu juta mobil listrik di tahun 2020. Memang untuk langkah pertama pasti akan sulit, namun penjualan akan meningkat dengan cepat," kata Menteri Transportasi Jerman, Peter Ramsauer dengan keyakinan penuh.

Ambisi Jerman untuk memperbanyak mobil listrik memang telah dikumandangkan sejak 2 tahun lalu, dan untuk mewujudkannya Jerman telah menurunkan suku bunga untuk setiap pembelian mobil listrik.

Namun memang harus diakui Jerman masih memiliki tantangan terbesar dalam menarik pecinta otomotif dunia untuk beralih menggunakan mobil listrik. Seperti harga jual yang relatif tinggi, jarak pendek tempuh baterai dan stasiun pengisian baterai yang masih masih sedikit.

Karena dengan alasan ini juga membuat penjualan mobil listrik di Jerman tidak terlalu memuaskan dengan hanya mampu menjual hingga 3.000 kendaraan listrik.

Pemerintah Jerman pun berharap semoga ada angin segar akan menurunnya bahan baku pembuatan baterai. Sehingga harga jual mobil listrik bisa lebih kompetitif dan membuat mereka lebih menarik bagi konsumen.

Dan Jerman pun berencana untuk bisa menambahkan investasi mereka dalam memperbanyak stasiun pengisian tenaga listrik. Sehingga masyarakat bisa lebih leluasa untuk menggunakan mobil listrik.

(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment