Friday, July 12, 2013

616 Tenaga Kuda Bisa Tersembur dari Mobil Ini

616 Tenaga Kuda Bisa Tersembur dari Mobil Ini London - Produsen mobil McLaren kembali menghentak dengan melahirkan McLaren 12C GT Sprint. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 20 unit saja dan diklaim mampu melahirkan 616 tenaga kuda.

McLaren 12C GT Sprint memang dibuat untuk para penggila kecepatan dan memulai debut di Goodwood Festival of Speed, Inggris.

Karena ini varian GT jadi jantung pacunya pun harus sedikit dirombak dari varian aslinya. McLaren 12C GT Sprint menggendong mesin twin turbo berkapasitas 3.8 liter yang mampu menghasilkan tenaga 625 PS jauh lebih tinggi dari 12C standar.

Berbekal mesin twin-turbo berkapasitas 3.8 liter dilengkapi dengan sistem pendingin yang dilengkapi radiator depan hasil racikan 12C GT3 serta dikawinkan dengan transmisi tujuh percepatan.

Beralih ke sistem suspensi yang telah disetel dan dikalibrasi ulang agar sesuai dengan mobil yang lebih rendah dan bisa disesuaikan dengan kondisi jalanan. Mobil ini memiliki 3 mode penanganan yang unik sehingga pengemudi bisa memilih sesuai dengan kesukaanya.

Masuk ke eksteriornya, 12C GT Sprint ini fiturnya sangat dioptimalkan terutama uprgade aerodinamis dan pendinginan. Bemper bagian depan lebih agresif, bonnetnya terinspirasi GT3 yang disatukan dengan radiator dan aliran udara melalui sayap depan.

Untuk sistem pengeremannya menggunakan sistem pengereman dengan karbon keramik (CCM) rem cakram.

Tubuh mobil ini lebih rendah 40 mm dibanding 12C standar untuk memotong angin.

Memasuki bagian kabin, 12C GT Sprint dilengkapi dengan rollcage FIA yang dilengkapi dengan sistem pemadam kebakaran. Joknya dibuat seringan mungkin yang dibuat dari komposit dari HANS. Meski demikian joknya tetap memberikan posisi mengemudi yang optimal.

Sistem pendinginnya atau AC masih dipertahankan atau sama dengan versi standarnya karena meski banyak pengurangan bobot tapi tetap menawarkan kenyamanan tambahan.

Tak berhenti sampai disitu, perangkat tambahan juga disediakan seperti CFD (computational fluid dynamics) atau paket aerodinamis termasuk serat karbon pada sayap belakang dan splitter depan serta termasuk polikarbonat pada kaca depan.

Ada 3 mode pengendaraan yang bisa dipilih pengemudi untuk menyesuaikan suspensi, kekakuan tubuh dan ESP sesuai trek yang berbeda. Mobil Inggris ini diklaim telah memenuhi standar balap FIA dan memiliki sistem pemadam kebakaran.

Untuk harganya, di Inggris McLaren dikabarkan akan menjual mobil ini tidak lebih dari 200.000 pounds atau sekitar Rp 2,9 miliar.

Nah, buat Anda yang penasaran dengan mobil super ini bisa menyaksikannya di ajang Goodwood Festival of Speed yang akan digelar akhir pekan ini di Inggris.
(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment