Tuesday, July 16, 2013

Pendiri Bose Meninggal Dunia

Pendiri Bose Meninggal Dunia Massachusetts  - Kabar sedih datang bagi para penggila audio. Pendiri perusahaan audio Bose, Dr Amar Bose meninggal dunia. Dia menggal di usia 83 tahun.

Dr Amar Gopal Bose meninggal di Massachusetts, Amerika Serikat dalam usia 83 tahun. Namanya identik dengan merek perangkat audio yang memang mengambil namanya.

Amar Bose yang merupakan generasi imigran India pertama di Philadelphia meraih gelar sarjana, master dan doktor dari Massachusetts Institute of Technology dimana ia mengoperasikan fasilitas penelitian akustik sebagai anggota fakultas sampai pensiun pada tahun 2001.

Perusahaan audio ini sendiri bermula di tahun 1960 saat dia memutuskan untuk membuka perusahaan swasta sendiri untuk membangun speaker setelah ia menemukan dirinya kecewa dengan sistem audio high-end yang telah dibeli.

Pada awal 1980-an, Bose sukses disusul merek mobil Cadillac yang memperkenalkan sistem audio premium pertama di dunia di Cadillac Seville. Dari titik itu, Bose pun dikenal sebagai perangkat audio kelas wahid di industri otomotif.

Bersama Cadillac, Bose mengembangkan sistem audio untuk mobil yang membuat mobil Cadillac sebagai mobil pertama yang dilengkapi audio stereo yang menyertakan empat set speaker dan diperkuat independen ampli.

Pada era itu, kebanyakan mobil hanya memiliki satu atau dua speaker kelas rendah. Tapi berkat gebrakan Bose dan Cadillac ini, tiga puluh tahun kemudian, hampir setiap kendaraan baru yang ada ditawarkan dengan sistem audio opsional atau standar high-end.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment