Monday, August 5, 2013

Biaya Ikut F1 Bakal Naik, Bos Toro Rosso Khawatir

Biaya Ikut F1 Bakal Naik, Bos Toro Rosso Khawatir Faenza - Bos tim Toro Rosso Franz Tost mengaku khawatir dengan besarnya biaya yang harus ditanggung di musim depan. Menurutnya, penurunan biaya seharusnya lebih dipikirkan.

Kompetisi balap F1 musim depan akan mengalami perubahan mesin, dari mesin bertipe V8 menjadi mesin 1,6 liter turbocharged. Perubahan ini diperkirakan akan diikuti perubahan di sejumlah sektor lain seperti desain mobil dan itu berarti pembengkakan biaya.

Apalagi dengan mesin dan sejumlah hal baru maka tim-tim juga harus melakukan banyak ujicoba untuk menyesuaikan diri. Kenyataan inilah yang membuat Tost khawatir.

"Tidak ada pemotongan biaya di Formula 1. Formula 1 itu mahal, kita semua tahu itu. Tahun depan kami akan punya kenaikan biaya, saya tidak tahu, mungkin 15 atau 20 juta dan itu adalah kenyataan."

"Selama mobil-mobil berbaris di garis start, selama kami masih melakukan balapan, ini adalah realitanya," kata Tost kepada ESPN F1.

"Meski demikian, kami seharusnya berpikir tentang bagaimana kami bisa menurunkan biaya tersebut. Tapi jika saya melihat ke tahun depan, di mana telah diputuskan kami mendapatkan sebuah paket power unit baru, yang lebih mahal dari yang sekarang."

"Kami juga kembali melakukan ujicoba yang memakan biaya lebih banyak. Itu berarti kita sedang membicarakan arah yang berbeda."

"Pemotongan biaya paling efektif adalah pada tahun 2009 dan 2010 ketika kami menyatakan 'Oke, kita tidak akan melakukan uji coba lagi' dan ketika mesin-mesin tak mengalami perubahan, tidak ada pengembangan sehingga biaya untuk mesin menurun dan selama tahun-tahun yang lalu. Segalanya cukup stabil."

"Tapi tahun depan, saya khawatir soal biaya ini karena sungguh-sungguh berjalan tak semestinya," ujarnya.

(raw/syu)

0 comments:

Post a Comment