Sunday, March 2, 2014

Di California, Menggunakan Ponsel Saat Nyetir Diperbolehkan Asal untuk Melihat Peta

Di California, Menggunakan Ponsel Saat Nyetir Diperbolehkan Asal untuk Melihat PetaCalifornia -

Di banyak negara menggunakan ponsel saat mengemudi dilarang dengan tegas untuk alasan apapun. Tapi di California, pengendara boleh menggunakan ponselnya saat mengemudi, tapi hanya untuk melihat peta.
Pengadilan California baru saja memutuskan kalau pengendara bisa menggunakan perangkat mobile mereka untuk memeriksa peta meski sedang di belakang kemudi. Keputusan ini mempersempit penafsiran hukum yang tegas melarang penggunaan ponsel saat mengemudi.

Keputusan ini bermula ketika seorang pengendara bernama Steven Spriggs sedang di California untuk menggunakan iPhone-nya untuk melihat aplikasi peta saat sedang terjebak macet.

Seorang petugas yang melihat hal ini mengartikan tindakan Springgs itu sebagai pelanggaran hukum dan memberi denda US$ 165.

Hakim yang menangani kasus di tingkat lanjut mengeliminasi keputusan pengadilan sebelumnya dan mengatakan kalau interprestasi petugas terhadap penggunaan ponsel saat mengemudi terlalu luas dan membawa hasil tak masuk akal.

Karena bila diinterprestasi secara kaku maka melihat layar ponsel ketika mengemudi pun bisa dianggap sebagai suatu pelanggaran. Padahal larangan menggunakan ponsel dibuat lebih untuk melarang penggunaan ponsel untuk menerima atau melakukan panggilan telepon atau mengetik. Demikian dilansir Left Lane News, Senin (3/3/2014).


0 comments:

Post a Comment