Sunday, March 2, 2014

GM Terancam Denda Rp 407 Miliar

GM Terancam Denda Rp 407 MiliarJakarta - Untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari seminggu, raksasa otomotif Amerika Serikat, General Motors (GM) meminta maaf pada konsumen karena cacat yang ada pada produknya. Denda Rp 407 miliar pun membayangi mereka.

Ada masalah di stop-kontak pada mobil produksi GM yang membuat mesin tiba-tiba mati hingga kantung udara yang tidak berfungsi. Akibatnya, ada 13 kematian yang tercatat terjadi karena masalah ini.

Akhirnya, GM memutuskan untuk melakukan penarikan kembali (recall) 1,6 juta beberapa modelnya.

Kini, Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) tengah menyelidiki GM untuk melihat apakah pengumuman recall ini telat dilakukan atau tidak.

Bila terbukti telat, maka GM bisa didenda hingga US$ 35 juta atau sekitar Rp 407,15 miliar akibat hal ini.

Penarikan kembali akibat masalah ini bermula di model Chevrolet Cobalt dan Pontiac G5 pada bulan lalu yang kemudian diperluas beberapa waktu lalu untuk menyertakan beberapa Saturn, Solstice dan HHR yang diproduksi sejak 1 dekade lalu.

"Kami sangat menyesal dengan kejadian recall dan penyelidikan ini. Kami bermaksud untuk sepenuhnya bekerja sama dengan NHTSA dan kami menyambut kesempatan untuk membantu lembaga agar memiliki pemahaman penuh atas fakta-fakta yang ada," demikian pernyataan GM seperti dikutip Wall Street Journal seraya mengatakan recall akan dilakukan secara bertahap.

Dari 1,6 juta kendaraan yang ditarik, 1,3 juta diantaranya ada di Amerika Serikat yang mencakup model tahun 20003-2007.


0 comments:

Post a Comment