Sunday, March 9, 2014

Toyota: Pasar MPV Lagi Gak Enak

Toyota: Pasar MPV Lagi Gak EnakJakarta - Dalam beberapa bulan terakhir, penjualan MPV Avanza mengalami penurunan. Jika biasanya berada di angka 20.000-an per bulan, di bulan Januari lalu hanya ada sekitar 14.000 unit Avanza yang terjual . Toyota mengakui pasar MPV sedang tidak kondusif.

"Januari 14 ribuan, dibanding 3 bulan terakhir turun. Kenapa turun karena pasarnya lagi gak enak banget, kompetitor lagi diskon gede banget, adu gede, untung buat konsumen, karena jadi banyak pilihan, tapi kalau buat Toyota gak untung," ujar Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Johnny Darmawan di Jakarta akhir pekan lalu.

Johnny mengakui ada penurunan pangsa pasar Avanza di segmen Low MPV, namun hal itu terjadi karena melambungnya pertumbuhan di segmen Low MPV sendiri yang tidak seimbang dengan pertumbuhan Avanza.

Pasar low MPV meningkat setelah munculnya MPV-MPV baru seperti Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, dan Honda Mobilio.

"Hal ini terjadi karena market growing-nya lebih gede, kenaikan kita, Avanza itu gak seimbang dengan total market, nah ini yang diambil kompetitor, diambil oleh model baru, jadi mereka masuk itu menambah total market," lugasnya.

"Kalau lihat market share kayaknya kita seperti termakan, tapi volume naik, dulu misalnya 5.000, sekarang 5.500 tapi market share kita turun, dulu 50 persen sekarang 48 persen, nah kalau kita melihat marketnya share turun, tetapi kelihatan unitnya naik," papar Johnny panjang lebar.


0 comments:

Post a Comment