Friday, April 11, 2014

'Jangan Pakai Mobil GM Sebelum Perbaikan'

Detroit - Pendukung keselamatan Amerika Serikat Center for Auto Safety khawatir dengan kasus recall pada sejumlah mobil buatan General Motors (GM). Kelompok pengawas tersebut menganggap kasus kematian akan terulang lagi jika GM tidak segera memperbaiki komponen yang rusak.

Akibat kasus tersebut, Center for Auto Safety cukup vokal untuk menyarankan pemilik mobil Chevy Cobalt, HHR, Saturnus Ion, Saturn Sky dan Pontiac Solstice serta Pontiac G5 produksi 2003-2011 tidak menggunakan mobil selama kasus ini masih tidak terselesaikan.

"NHTSA tidak berbuat banyak sebelum kasus recall benar terbukti, sehingga menjadi alasan investigasi agresif dilakukan setelah kasusnya terbukti. Saran kami kepada konsumen adalah kandangkan mobil sekarang," kata Executive Director Center for Auto Safety, Clarence Ditlow dikutip reuters Jumat (11/4/2014).

Alasan Center for Auto Safety dinilai tepat. Pasalnya kasus kerusakan yang dialami mobil-mobil lansiran GM cukup fatal. Korban kematian akan bertambah jika kasus ini tidak segera diselesaikan. Sebelumnya ada 13 korban meninggal dunia akibat kejadian ini.

GM disarankan segera memperbaiki 2,6 juta mobil akibat masalah pada komponen saklar. Seorang hakim di negara bagian Texas sedang mempertimbangkan kasus tersebut untuk mengambil keputusan apakah harus ada penggantian saklar baru. Keputusan tersebut diharapkan bisa diumumkan dalam beberapa hari mendatang.

GM sendiri mengatakan mereka akan koperatif sepenuhnya dengan NHTSA. Raksasa AS ini mengatakan akan mengirim 271.000 halaman dokumen untuk NHTSA dan dokumen tambahan akan dikirim kemudian.

Namun, NHTSA mengatakan kalau GM tidak merespon pertanyaan-pertanyaan mereka hingga 3 April lalu. Pertanyaan dalam 17 halaman itu sudah tiga kali mereka kirimkan.

Padahal NHTSA sudah mengirim pertanyaan itu sejak bulan lalu dan pada 20 Maret NHTSA juga sudah menerima argumen GM kalau mereka tidak tidak akan mampu menjawab semua pertanyaan rekayasa teknis dengan tenggat waktu dan hal itu bisa dimaklumi oleh GM, tapi untuk jawaban lain, GM harus mengirimkannya maksimal di 3 April lalu.

"NHTSA tidak keberatan GM mengambil waktu tambahan untuk menanggapi pertanyaan terkait rekayasa teknis, dengan pengertian bahwa GM akan sepenuhnya menanggapi permintaan yang tersisa dengan batas waktu tanggal 3 April. GM gagal melakukannya," kata Ketua Penasehat NHTSA O. Kevin Vincent.


0 comments:

Post a Comment