Friday, May 2, 2014

Kapan Ada Ertiga Diesel, Suzuki?

Kapan Ada Ertiga Diesel, Suzuki?Jakarta - Low Multi Purpose Vehicle andalan Suzuki, Ertiga telah menjelma menjadi mobil fenomenal di Indonesia. Inilah salah satu model mobil terlaris di Indonesia. Namun, kapan kira-kira Suzuki akan memasukkan versi diesel dari Ertiga?

Seperti diketahui saat ini Suzuki memiliki beberapa varian Ertiga yang dijual dalam rentang harga antara Rp 154,7 juta sampai Rp 214,5 juta. Dan dalam dua tahun eksistensinya di Indonesia model ini telah mampu terjual sampai 109.461 unit.

Namun dari semua model Ertiga yang dijual di Indonesia itu memiliki tipe mesin yang sama yakni mesin bensin 4-silinder dengan kapasitas 1.400 cc berteknologi Variabel Valve Timing (VVT). Tidak ada varian mesin diesel yang dijual di Indonesia, beda dengan India.

4W Marketing & DND Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Davy J. Tuilan mengatakan pada dasarnya pihaknya sebenarnya tertarik untuk menjual varian Ertiga diesel. Namun, keterbatasan kapasitas pabrik menjadi penghalang.

"Sekarang kita fokus dulu pada mesin bensin. Kalau kita jual Ertiga diesel ketika kapasitas pabrik belum di tambah, berarti jumlah produksi versi bensin kan harus dikurangi. Padahal, permintaan versi bensin saja masih sangat tinggi," katanya.

"Karena itu kita memilih bersabar sampai kapasitas pabrik kita tambah," lugasnya.

Di India sendiri Ertiga memiliki pilihan mesin 1.3 liter diesel di samping mesin bensin berkapasitas 1.4 liter.

Mesin diesel yang digendong Ertiga itu memiliki tenaga hingga 66 kW di kitiran mesin 4.000 rpm dengan torsi puncak 200 Nm di 1.750 rpm.


0 comments:

Post a Comment