Friday, May 2, 2014

Mobil Listrik dan Hybrid UNY

Mobil Listrik dan Hybrid UNYJakarta - Mahasiswa asal Indonesia semakin kreatif. Setelah Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), kini mahasiswa UNY menjadi inspiratif.

Mahasiswa UNY yang tergabung dalam Garuda UNY Racing Team 2014 (GURT 2014) telah selesai menyiapkan mobil balap ramah lingkungan yang akan dibawa ke ajang 2014 International Student Green Car Competition di Korea Selatan pada 23-24 Mei mendatang.

Kedua mobil yang diberi nama EVO (Electric Vehicle Odyssey) dan HYVO (Hybrid Vehicle Odyssey) akan segera dilaunching dalam acara Upacara Hardiknas yang sekaligus akan dilaksanakan Pelepasan Tim dan Test Drive oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd, M.A dan Dekan Fakultas Teknik UNY, Dr. Mochamad Bruri Triyono, M.Pd pada Jumat (2/5).

"Kami sudah siap membawa kedua mobil ini untuk berkompetisi, memang masih ada beberapa bagian yang perlu sedikit penyempurnaan, tapi itu bukan bagian-bagian yang fatal," kata Representative Mobil Hybrid Garuda UNY Racing Team 2014 Afri.

ISGCC 2014 sendiri merupakan kompetisi mobil listrik dan hybrid mahasiswa internasional yang diselenggarakan oleh Korean Transportation Safety Authority (KOTSA) dan Korean AutoVehicle Safety Association (KASA). Pada Mei 2013 lalu, Tim Mobil Listrik UNY menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dalam ajang perlombaan internasional ini dan berhasil memenangkan perlombaan dalam kategori 1st winner Creative Technology. Hal ini membuktikan bahwa tim mobil listrik Indonesia mampu bersaing dalam dunia internasional dan mempunyai kesempatan besar untuk memenangkan perlombaan.

Pada tahun ini, GURT 2014 akan kembali menggebrak ajang ISGCC 2014 dengan memboyong dua tim sekaligus, yaitu satu tim untuk kategori mobil electric (listrik) dan satu tim untuk kategori mobil hybrid.

Perakitan mobil balap listrik dan hybrid ini melibatkan 25 orang mahasiswa dan dua orang dosen pembimbing sebagai supervisor. 25 orang mahasiswa tersebut terbagi dalam dua tim, yang kemudian terbagi lagi dalam beberapa divisi, baik teknis maupun non-teknis. Anggota tim tidak hanya berasal dari Fakultas Teknik UNY saja, namun tim ini melibatkan semua fakultas yang ada di UNY. Hal ini dimaksudkan agar semua disiplin ilmu yang ada di UNY dapat sinergi dan saling mendukung.


0 comments:

Post a Comment