Tuesday, June 17, 2014

Android untuk Mobil Diperkenalkan Akhir Bulan Ini

Android untuk Mobil Diperkenalkan Akhir Bulan IniCalifornia - Setelah sukses memperkenalkan Android ke ponsel-ponsel pintar, Google yang merupakan pemilik Android sudah mulai merambah ke dunia otomotif. Buktinya sudah ada beberapa pabrikan otomotif yang digandengnya, seperti Audi, General Motors (GM), Honda dan Hyundai.

Dilansir laman AutomotiveNews, Rabu (18/6/2014) sistem operasi Google itu bernama Google Auto Link yang sudah dikembangkan pada Januari lalu. Kini kabarnya sistem Google Auto Link ini akan diperkenalkan pada akhir bulan ini.

Google Auto Link ini bukan merupakan sistem infotainment mandiri, melainkan diproyeksikan untuk mengontrol smartphone Android melalui sistem infotainment.

Google mengklaim sistem Auto Link-nya ini lebih cerdas, lebih aman dan lebih menyenangkan daripada sistem Apple CarPlay.

"Jutaan orang sudah akrab dengan Android dan menggunakannya setiap hari. Perluasan platform Android ini ke industri otomotif ini untuk mempermudah mengintegrasikan teknologi mobile ke dalam mobil. Pengemudi juga lebih aman karena tetap bisa fokus saat berkendara," ujar Wakil Presiden Google Sundar Pichai.

Sebelumnya Google meresmikan kerja sama dengan 4 pabrikan mobil yakni General Motors, Audi, Honda dan Hyundai. Kerja sama ini akan membawa sistem Android ke dashboard mobil.

Kelima perusahaan raksasa ini plus perusahaan semikonduktor Nvidia, meresmikan pendirian Open Automotive Alliance (OAA). OAA akan membawa platform Android ke mobil mulai tahun 2014.

"OAA adalah platform inovasi yang akan membuat teknologi dalam kendaraan kian aman dan lebih intuitif untuk semua," demikian bunyi pernyataan resmi OAA seperti dilansir AFP, Selasa (7/1/2014) lalu.

"Model pengembangan terbuka dan platform yang sama ini akan memungkinkan pabrikan mobil untuk mempersembahkan teknologi canggih mereka bagi pengendara," tambahnya.

Google tidak sendirian, Google akan bersaing dengan platform iOS milik Apple atau Blackberry QNX yang bekerja sama dengan produsen mobil lain.

0 comments:

Post a Comment